PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MASA PANDEMI DI KELAS VII G MTS NEGERI 4 NGAWI
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MASA PANDEMI DI KELAS VII G MTS NEGERI 4 NGAWI
|
|
Creator |
Wati, Junita Ulfa Munah
Rikza, Qongidahtul Rahmawati, Arum Dwi |
|
Subject |
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Sistem Ganjil - Genap Covid-19 |
|
Description |
Pandemi covid-19sangat berdampak pada dunia pendidikan. Sudah satu tahun lebih sejak pandemi covid-19 merebak di Indonesia, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring untuk menurunkan resiko penularan covid-19. Namun, pembelajaran daring menimbulakan proses kegiatan belajar mengajar kurang optimal. Seiring dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menurun, pemerintah menerapkan pemberlakuan baru yaitu kegiatan Pembelajaran Tatap Muka terbatas untuk mengoptimalkan dunia pendidikan. Permasalahan dalam penelitian yaitu tentang bagaimana proses pengelolaan kelas yang diterapkan dan kendala dalam pemberlakuan pembelajaran tatap muka terbatasselama pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa proses pengelolaan kelas pada pembelajaran tatap muka terbatas, yaitu dengan menerapkan sistem Ganjil – Genap (sesuai nomor absensi siswa). Proses pengelolaan kelas pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan secara daring dan luring. Dilakukan seperti anjuran pemerintah, yaitu maksimal 50% kapasitas per kelas sehingga dalam satu rombongan terdapat dua kelompok. Meskipun adanya keterbatasan waktu dalam pembelajaran tatap muka secara langsung capaian belajar siswa dapat meningkat. sistem ganjil – genap ini dinilai sangat efektif dalam mengurangi kerumunan di tiap sekolah dan jugadapat membangkitkan kembali semangat siswa untuk belajar, mengembangkan potensi siswa, serta materi pembelajaran dapat diterima dengan mudah sesuai yang diharapkan.
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2021-12-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/385
|
|
Source |
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 2 No 1 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 14-26
2775-8397 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/385/191
|
|