Record Details

PERSEPSI PESERTA DIDIK SMP TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19

Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERSEPSI PESERTA DIDIK SMP TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19
 
Creator Gangga, Ubayu Wahyuning Awi
 
Subject pandemi covid-19
pembelajaran daring
persepsi
 
Description Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease-19) mengakibatkan dampak yang begitu besar di semua bidang kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Pemerintah Indonesia, dalam hal ini melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring di semua jenjang pendidikan guna mencegah dan mengurangi resiko penyebaran virus corona yang lebih luas, khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Pembelajaran daring ini membentuk persepsi yang berbeda bagi setiap peserta didik. Persepsi adalah kemampuan otak dalam menerjemahkan stimulus atau proses untuk menerjemahkan stimulus yang masuk ke dalam alat indera manusia. Penelitian ini mengangkat permasalahan persepsi peserta didik SMP terhadap pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.  Pengumpulan  data  menggunakan  teknik  angket melalui google form. Subyek  penelitian adalah peserta didik kelas VII dan kelas VIII UPT SMP Negeri 19 Gresik Tahun Ajaran 2020/2021. Objek penelitian adalah persepsi peserta didik SMP terhadap pembelajaran daring saat pandemi Covid-19.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  persepsi  peserta didik SMP terhadap pembelajaran daring saat pandemi Covid-19 adalah peserta didik mendapat dukungan yang baik dari sekolah dan orang tua dalam melaksanakan pembelajaran daring meskipun masih terkendala pada beberapa hal terkait teknis, proses pembelajaran, dan bahan ajar. Peserta didik sebagian besar mengalami kendala signal, tidak memiliki paket kuota internet yang cukup dan proses pembelajaran yang tidak efektif.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/354
 
Source Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 74-80
2775-8397
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/354/170
 
Rights Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics