Record Details

PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 PITU

Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 PITU
 
Creator Nia Purwati
Mashuri, Anwas
 
Subject Missouri Mathematics Project
Motivasi Belajar
Hasil Belajar
 
Description Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design yang bertujuan mendeskripsikan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa kelas IX yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri mathematic project (MMP). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A berjumlah 11 orang siswa dikelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan indikator motivasi hasil belajar siswa . hasil uji hipotesis menunjukkan: 1) nilai rata-rata posttest siswa memenuhi nilai KKM yang ditetapkan yaitu lebih besar sama dengan 85. Ini berarti bahwa nilai rata-rata posttest secara signifikan lebih dari 80; 2)  nilai posttest yang diperoleh siswa telah tuntas secara klasikal berdasarkan uji anava, ini berarti hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Missouri mathematics project meningkat secara signifikan.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/311
 
Source Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 62-67
2775-8397
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/311/151