PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK ANDRAGOGI DI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK ANDRAGOGI DI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
|
|
Creator |
Mardiyatun
|
|
Subject |
Supervisi
Teknik Andragogi Kompetensi Guru Video pembelajaran |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji manfaat dan eefisiensi supervisi akademik melalui Teknik Andragogi guna meningkatkan kompetensi guru agama Islam dalam membuat video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama 36 guru pendidikan agama Islam di Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tindakan penelitian ini diupayaan melalui Supervisi Akademik Teknik Andragogi sedangkan aksi yang dilakukan melalui 4 tahapan tindakan, ialah tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan perenungan (reflection). Tahapan action dan observation dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama dua (2) siklus sampai terjadi peningkatan atau tercapainya solusi permasalahan yang diangkat. Metode yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi, tes pemahaman, dan hasil produk. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik andragogi dapat meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam membuat video pembelajaran pada masa pandemi C-19. Hal ini dibuktikan setelah adanya tindakan yakni: (1) hasil observasi dan angket serta hasil produk, menunjukkan bahwa tingkat kehadiran peserta dari siklus ke siklus berikutnya dan peserta merasakan senang mengikuti bimbingan teman sejawat secara andragogi sebesar 100 % (2) pemahaman konsep dalam membuat video pembelajaran meningkat dari kondisi yang rendah dan cukup menjadi baik dan sangat baik 88.1% artinya para guru pendidikan agama Islam sebagai peserta andragogi sudah mampu memahami konsep dengan baik (3) hasil penilaian produk siklus I masih rendah 69.1 %, setelah adanya tindakan di siklus ke II menjadi naik secara signifikan ke level baik dan sangat baik 82.7 %, artinya sejumlah 36 guru agama Islam setelah mampu memahami konsep, otomatis mampu membuat video penbelajaran sesuai indikator keberhasilan. (4) teknik andragogi dapat dilaksanakan dengan mudah dan efektif serta sangat bermanfaat. Kelemahan-kelemahan yang masih terjadi mampu diatasi pada supervisi -supervisi berikutnya.
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2021-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/310
|
|
Source |
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 52-61
2775-8397 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/310/150
|
|