PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGRAMBE AHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGRAMBE AHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
|
|
Creator |
Indah Pramesti
|
|
Subject |
Blended Learning
Prestasi Belajar Matematika |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA dengan menggunakan model pembelajaran blended learning dan kelas VIIB dengan menggunkan model pembelajaran online di SMP Negeri 3 Ngrambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Tempat penelitian dilakukan adalah SMP Negeri 3 Ngrambe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ngrambe yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB. Perlakuan diberikan kepada kelas eksperimen dengan memberikan pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning. Sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran diberikan dengan model pembelajaran online. Hasil belajar kelas-kelas tersebut berupa nilai yang didapat dari pretest dan posttest. Tehnik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan tehnik analisis deskriptif yang meliputi modus, median, mean, varians, dan standar deviasi. Kemudian dilakukan uji persyaratan dengan uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan statistik paramtris dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hail belajar yang matematika yang signifikan ( t hitung = 11,18594 > t tabel 1,99962) antara kelas VIIA dengan model pembelajaran blended learning dan kelas VIIB dengan model pembelajaran online.
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2021-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/308
|
|
Source |
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 40-44
2775-8397 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/308/148
|
|