MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH MELALUI PENDAMPINGAN PKKS PADA TUJUH SMA/SMK BINAAN DI KULON PROGO SEMESTER 1 TAHUN 2014/2015
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH MELALUI PENDAMPINGAN PKKS PADA TUJUH SMA/SMK BINAAN DI KULON PROGO SEMESTER 1 TAHUN 2014/2015
|
|
Creator |
Giyarsih
|
|
Subject |
Kompetensi
Kinerja Kepala Sekolah Pengelolaan Sekolah Pendampingan |
|
Description |
Judul karya tulis ilmiah yang berisikan penelitian tindakan sekolah di atas, bertujuan mendiskripsikan kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya khususnya pada tugas manajerial, dan supervisi pada tujuh sekolah binaan pengawas sekolah di Kabupaten Kulon Progo, yaitu SMK Negeri 1 Temon, SMK Ma’arif 2 Temon, SMK Muhammadiyah 1 Temon, SMK Muhammadiyah 1 Wates, SMA Muhammadiyah Galur, SMA Negeri Girimulyo dan SMK Negeri Kokap. Metode yang digunakan adalah studi dokumen, wawancara, menilai diri sendiri, monitoring dan evaluasi, dengan menggunakan instrumen PKKS baku/standar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pencapaian kinerja kepala sekolah rata-rata baik (82). Dari tujuh kepala sekolah, tujuh orang dinilai kinerjanya dengan hasil empat orang dengan kategori Baik (76-90), dan 1 orang kategori cukup (65-75). Dua kepala sekolah tidak dikinerja karena sebagap pelaksana tugas harian dan kepala sekolah baru. Terdapat empat indicator kinerja yang secara umum belum baik yaitu: 1). Kepala sekolah dalam melakukan pembinaan prestasi unggulan dan pelacakan terhadap alumni (indicator lima sebesar 70%; 2). Kepala sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervise (indicator 16 sebesar 65%); 3). Kepala sekolah dalam melakukan evaluasi diri sekolah (EDS) (indicator 17 sebesar 65%); 4). Kepala sekolah dalam pendayagunaan pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan (indicator 18sebesar 70%). Tindak lanjut terhadap hasil kinerja kepala sekolah yaitu perlu dilakukan pelatihan Pengelolaan Sekolah, pengembangan dimensi kompetensi manajerial dan supervisi bagi kepala sekolah yang nilai kinerjanya belum baik oleh Dinas Pendidikan terkait. Kepala sekolah yang nilai kinerjanya sudah baik dapat diperhitungkan dalam usul kenaikan pangkat.
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2021-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/307
|
|
Source |
Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 29-39
2775-8397 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/307/147
|
|