Record Details

MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH MELALUI PENDAMPINGAN PKKS PADA TUJUH SMA/SMK BINAAN DI KULON PROGO SEMESTER 1 TAHUN 2014/2015

Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH MELALUI PENDAMPINGAN PKKS PADA TUJUH SMA/SMK BINAAN DI KULON PROGO SEMESTER 1 TAHUN 2014/2015
 
Creator Giyarsih
 
Subject Kompetensi
Kinerja Kepala Sekolah
Pengelolaan Sekolah
Pendampingan
 
Description Judul karya tulis ilmiah yang berisikan penelitian tindakan sekolah di atas, bertujuan mendiskripsikan kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya khususnya pada tugas manajerial, dan supervisi pada tujuh sekolah binaan pengawas sekolah di Kabupaten Kulon Progo, yaitu SMK Negeri 1 Temon, SMK Ma’arif 2 Temon, SMK Muhammadiyah 1 Temon, SMK Muhammadiyah 1 Wates, SMA Muhammadiyah Galur, SMA Negeri Girimulyo dan SMK Negeri Kokap. Metode yang digunakan adalah studi dokumen, wawancara, menilai diri sendiri, monitoring dan evaluasi, dengan menggunakan instrumen PKKS baku/standar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pencapaian kinerja kepala sekolah rata-rata baik (82). Dari tujuh kepala sekolah, tujuh orang dinilai kinerjanya dengan hasil empat orang dengan kategori Baik (76-90), dan 1 orang kategori cukup (65-75). Dua kepala sekolah tidak dikinerja karena sebagap pelaksana tugas harian dan kepala sekolah baru. Terdapat empat indicator kinerja yang secara umum belum baik yaitu: 1). Kepala sekolah dalam melakukan pembinaan prestasi unggulan dan pelacakan terhadap alumni (indicator lima sebesar 70%; 2). Kepala sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervise (indicator 16 sebesar 65%); 3). Kepala sekolah dalam melakukan evaluasi diri sekolah (EDS) (indicator 17 sebesar 65%); 4). Kepala sekolah dalam pendayagunaan pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan (indicator 18sebesar 70%). Tindak lanjut terhadap hasil kinerja kepala sekolah yaitu perlu dilakukan pelatihan Pengelolaan Sekolah, pengembangan dimensi kompetensi manajerial dan supervisi bagi kepala sekolah yang nilai kinerjanya belum baik oleh Dinas Pendidikan terkait. Kepala sekolah yang nilai kinerjanya sudah baik dapat diperhitungkan dalam usul kenaikan pangkat.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/307
 
Source Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 1 No 2 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 29-39
2775-8397
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/307/147