Record Details

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI INTERAKSI SOSIAL SISWA

Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI INTERAKSI SOSIAL SISWA
 
Creator cahyono, heri
 
Subject TPS dengan pendekatan saintifik; interaksi sosial siswa; prestasi belajar
 
Description ABSTRAK.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada model pembelajaran kooperatif tipe TPSdengan pendekatan saintifik, siswa dengan tingkat interaksi sosial tinggi, sedang, atau rendah pada materi pokok fungsi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa pada SMP Negeri 3 Ngrambe, SMP Negeri 2 Paron, dan  SMP Negeri 2 Widodaren sebagai sampel penelitian sebanyak 90 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket interaksi sosial siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi (anava) satu jalan sel tak sama.Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik pada siswa tingkat interaksi sosial tinggi memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa tingkat interaksi sosial sedang dan rendah, serta prestasi belajar matematika siswa tingkat interaksi sosial sedang sama baiknya dibandingkan dengan siswa tingkat interaksi sosial rendah dalam memberikan prestasi belajar matematika pada materi pokok fungsi.     
Kata Kunci: TPS dengan pendekatan saintifik; interaksi sosial siswa; prestasi belajar.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
 
Date 2020-12-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/202
 
Source Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 1 No 1 (2020): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 1-5
2775-8397
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/202/111
 
Rights Copyright (c) 2020 Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM