Record Details

Pengaruh Kedisiplinan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

IBTIDA'

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Kedisiplinan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
 
Creator Hasyim
Dwi Rodifah
 
Subject Discipline learning
learning achievement
 
Description Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik  pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode angket atau kuesioner dan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana berupa uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat kedisiplinan belajar peserta didik kelas V MI termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil  prosentase kedisiplinan belajar sebesar 62,5 %. (2) tingkat prestasi belajar peerta didik kelas V MI termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan hasil presentase prestasi belajar sebesar 58,3 %. (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V mata pelajaran Aqidah akhlak di MI. Hal ini terbukti dari hasil uji t parsial yang menunjukkan t hitung (4,659) > t tabel (1,7171) dan hasil signifikansinya (0,000) < (0,05). Hal ini menandakan bahwa kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Dengan  kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya bahwa salah satu faktor pendukung prestasi belajar bisa meningkat yaitu salah satunya dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar
 
Publisher PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH SIMAN LAMONGAN
 
Date 2020-04-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/117
10.37850/ibtida.v1i1.117
 
Source IBTIDA'; Vol. 1 No. 1 (2020): IBTIDA APRIL 2020; 81-88
2722-8290
2722-8452
10.37850/ibtida'.v1i1
 
Language eng
 
Relation http://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/117/289
 
Rights Copyright (c) 2020 IBTIDA'