PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD ALISLAH SURABAYA
Education and Human Development Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD ALISLAH SURABAYA
|
|
Creator |
Khikmawati, Nurul
|
|
Subject |
Model Pembelajaran Team Games Tournament, Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA melalui penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament pada siswa kelas V-A SD Al-Islah Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Untuk desain penelitiannya yaitu One Group Pretest-Posttest. Di dalam penelitian ini pembelajaran dilakukan dalam satu kali pertemuan dengan waktu 4x35 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Untuk menentukan perangkat pembelajaran layak digunakan atau tidak, maka perangkat pembelajaran dilakukan validasi oleh pakar kemudian didapatkan hasil yang akan dihitung menggunakan percentage of aggremant. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t-test yang digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh ```model pembelajaran Team Games Tournament terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament terhadap berpikir kreatif siswa diperoleh nilai correlation (nilai korelasi) sebesar 0.659 artinya memiliki hubungan kuat dan positif atau sangat berpengaruh terhadap berpikir kreatif siswa. Sedangkan untuk nilai correlation (nilai korelasi) hasil belajar (kognitif) siswa sebesar 0.756, artinya model pembelajaran Team Games Tournament memiliki hubungan kuat dan positif atau sangat berpengaruh terhadap hasil belajar (kognitif) siswa. Sehingga dari penelitian ini dapat di ambil simpulan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament dapat mempengaruhi berpikir kreatif dan hasil belajar (kognitif) siswa.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2019-05-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1084
10.33086/ehdj.v4i1.1084 |
|
Source |
Education and Human Development Journal; Vol. 4 No. 1 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 63-71
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 4 No 1 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 63-71 2599-0292 2541-0156 10.33086/ehdj.v4i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1084/810
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Nurul Khikmawati
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|