THE EFFECT OF MORPHOLOGICAL AWARENESS ON ENGLISH COMPETENCY TEST (ECT) OF READING SECTION ABILITY OF FKIP UIJ BEGINNER LEVEL TEST-TAKERS
Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling
View Archive InfoField | Value | |
Title |
THE EFFECT OF MORPHOLOGICAL AWARENESS ON ENGLISH COMPETENCY TEST (ECT) OF READING SECTION ABILITY OF FKIP UIJ BEGINNER LEVEL TEST-TAKERS
|
|
Creator |
Basya, Dihliza
|
|
Description |
Penelitian ini mengkaji tentang peran strategis dari eksplisit morfologi untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi mahasiswa FKIP UIJ yang mengikuti ECT pada level beginner. Pengetahuan yang memadai akan formasi kata mempengaruhi kecepatan text reading comprehension. Analisis data yang diperoleh dari 50 partisipan mengungkapkan bahwa kesadaran morfologi dapat mempengaruhi reading comprehension. 50 Partisipan terdaftar pada program ECT kemudian dibagi menjadi kelompok control dan kelompok eksperimen. Kedua kelompok tersebut menjalani pretest yang di dalamnya terdapat praktek eksplisit morfologi, yang berfungsi untuk mengukur reading comprehension melalui menjawab soal dari text yang ada. Tahap berikutnya, melakukan treatment pada kedua kelompok selama 4 kali dalam pelatihan reading comprehension. Tahap terakhir yakni melakukan posttest sebagai lanjutan dari pretest pada kedua kelompok. Deviasi dari performa partisipan dihitung untuk mendapat mean of the scores. Hasil menujukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami kenaikan scores dari pretest ke posttest. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kesadaeran eksplisit morfologi efektif untuk meningkatkan kemampuan reading comprehension mahasiswa FKIP UIJ yang mengikuti ECT pada level beginner.Keywords : Morphology, Reading Comprehension, TOEFL Reading Section
|
|
Publisher |
FKIP Universitas Islam Jember
|
|
Date |
2015-11-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/EDU/article/view/152
10.0034/edu.v3i2.152 |
|
Source |
Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling; Vol. 3 No. 2 (2015): November
2654-4814 2354-6263 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/EDU/article/view/152/148
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 EDUCAZIONE
|
|