Record Details

THE EFFECT OF MORPHOLOGICAL AWARENESS ON ENGLISH COMPETENCY TEST (ECT) OF READING SECTION ABILITY OF FKIP UIJ BEGINNER LEVEL TEST-TAKERS

Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title THE EFFECT OF MORPHOLOGICAL AWARENESS ON ENGLISH COMPETENCY TEST (ECT) OF READING SECTION ABILITY OF FKIP UIJ BEGINNER LEVEL TEST-TAKERS
 
Creator Basya, Dihliza
 
Description Penelitian ini mengkaji tentang peran strategis dari eksplisit morfologi untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi mahasiswa FKIP UIJ yang mengikuti ECT pada level beginner. Pengetahuan yang memadai akan formasi kata mempengaruhi kecepatan text reading comprehension. Analisis data yang diperoleh dari 50 partisipan mengungkapkan bahwa kesadaran morfologi dapat mempengaruhi reading comprehension. 50 Partisipan terdaftar pada program ECT kemudian dibagi menjadi kelompok control dan kelompok eksperimen.  Kedua kelompok tersebut menjalani pretest yang di dalamnya terdapat praktek eksplisit morfologi,  yang berfungsi untuk mengukur reading comprehension melalui menjawab soal dari text yang ada. Tahap berikutnya, melakukan treatment pada kedua kelompok selama 4 kali dalam pelatihan reading comprehension. Tahap terakhir yakni melakukan posttest sebagai lanjutan dari pretest pada kedua kelompok. Deviasi dari performa partisipan dihitung untuk mendapat mean of the scores. Hasil menujukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami kenaikan scores dari pretest ke posttest. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kesadaeran eksplisit morfologi efektif untuk meningkatkan kemampuan reading comprehension mahasiswa FKIP UIJ yang mengikuti ECT pada level beginner.Keywords : Morphology, Reading Comprehension, TOEFL Reading Section
 
Publisher FKIP Universitas Islam Jember
 
Date 2015-11-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/EDU/article/view/152
10.0034/edu.v3i2.152
 
Source Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling; Vol. 3 No. 2 (2015): November
2654-4814
2354-6263
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/EDU/article/view/152/148
 
Rights Copyright (c) 2017 EDUCAZIONE