Record Details

PICTURE DICTATION IMPROVING LISTENING COMPREHENSION

Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PICTURE DICTATION IMPROVING LISTENING COMPREHENSION
 
Creator -, Mutmainnah
Tjendani, Endah Nur
Mushaf, Farhan
 
Description Masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendiktean dengan gambar dapat meningkatkan ketrampilan mendengar siswa dalam bahasa inggris. Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsep pengajaran bahasa inggris menggunakan gambar – gambar agar siswa lebih nyaman dan tertarik dalam mengikuti kelas listening. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini terdiri atas 27 siswa pada kelas VIII, SMP 07 ma’arif Perintis Tempurejo tahun pelajaran 2011/2012. Data penelitian didapat berdasarkan hasil tes mendengarkan pendiktean kalimat atau informasi oleh guru yang diubah ke dalam bentuk gambar. Data disajikan dalam uraian deskripsi dan statistik untuk melihat peningkatan rata – rata siswa dengan membandingkan nilai rata- rata siswa pada pretes dan post-tes. Berdasarkan pre-tes,  nilai rata- rata dari 27 siswa yakni 52% mendapat nilai > 65 sedangkan pada post-tes 85% dari siswa mendapat nilai > 65. Ini menunjukkan bahwa pendikten gambar dapat meningkatkan ketrampilan mendengar siswa.Kata kunci : Picture dictation, improving, listening comprehension
 
Publisher FKIP Universitas Islam Jember
 
Date 2014-05-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/EDU/article/view/73
10.0034/edu.v2i1.73
 
Source Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling; Vol. 2 No. 1 (2014): Mei
2654-4814
2354-6263
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/EDU/article/view/73/69
 
Rights Copyright (c) 2017 EDUCAZIONE