Record Details

Strategi Pemodelan Kognitif Sosial Guru PAI dalam Pembentukan Kepribadian Siswa

FAJAR Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Pemodelan Kognitif Sosial Guru PAI dalam Pembentukan Kepribadian Siswa
 
Creator Elga Yanuardianto
Abu Yasid
Mahbubi
 
Description Penanaman Kepribadian dimulai dari lingkungan keluarga, kerabat, sekolah dan lingkungan masyarakat. Lingkungan rumah dan keluarga sebagai lingkungan pembentukan dan pendidikan Kepribadian yang pertama dan utama harus lebih diberdayakan dan haal tersebut merupakan tugas orang tua sebagai penanam pertama Kepribadian anaknya. Keluarga adalah sekolah untuk kasih sayang, tempat belajar yang penuh dengan cinta, janganlah orang tua menanamkan keluarga sebagai tempat untuk bertengkar dengan pasangannya karena dengan hal itu sangatlah berakibat buruk pada perkembangan Kepribadian anak yang akan menganggap berkeluarga adalah hal yang sangat menyengsarakan kelak jika anak tersebut sudah dewasa. Pembentukan Kepribadian   melalui sekolah juga harus diperhatikan di sekolah pendidikan tidak semata-mata tentang mata pelajaran yang hanya meningkatkan kemampuan IQ saja tetapi juga harus diperhatikan bagaimana penanaman moral, nilai-nilai estetika, budi pekerti yang  luhur dan lain sebagainya. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki dari profesi seorang guru, karena dalam Istilah Jawa bahwa seorang guru adalah seseorang yang harus digugu (dipercaya) dan ditiru ( dicontoh), dari sini kita memahami bahwa guru merupakan profesi yang patut untuk dihargai dan dijunjung tinggi, dan dari Implementasi tersebut maka sepatutnya seorang guru harus menjadi model atau Uswatun Hasanah yang mampu melahirkan siswa dengan kepribadian yang baik sehingga mampu menjadikan dunia pendidikan yang berbasis karakter, bermoral tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal. Fenomena yang terjadi di SMPI Yanabi’ul Ulum Plalangan kecamatan Kalisat Jember, bagaimana  strategi guru disekolah tersebut dalam membentuk kepribadian siswa melalui pemodelan kognitif social patut untuk di telaah karena ini akan menjadi salah satu cara dalam menjadikan siswa berkepribadian yang baik disekolah maupun diluar sekolah.
 
Keywords: Pemodelan Kognitif Sosial, Kepribadian Siswa
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
 
Date 2022-01-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1230
 
Source FAJAR Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari); 80-102
2808-4527
2809-2864
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1230/1058
 
Rights Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam