Record Details

Strategi Mind Mapping Kitab Fiqih Fathul Qorib Pada Bab Thaharah Kelas VI di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Amien Ambulu Jember

FAJAR Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Mind Mapping Kitab Fiqih Fathul Qorib Pada Bab Thaharah Kelas VI di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Amien Ambulu Jember
 
Creator Jasuli
Aflach Wildani
Moch. Chotib
 
Description Pembelajaran pada hakikatnya adalah usaha sadar dari seorang guru  untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Maka salah satu usaha seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, sehingga hasil belajar juga akan meningkat sesuai dengan tujuan yang diharapkan, salah satunya adalah dengan cara menerapkan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan rangkaian dari sebuah proses pembelajaran dan merupakan salah satu suksesnya sebuah pembelajaran juga ditentukan tepatnya penggunaan pemilihan strategi. Oleh karena itu, strategi mind mapping sangat tepat dilaksanakan padapembelajaran kitab fiqih bab thoharah karena pada materi ini banyak sekali pembagian-pembagian sub babnya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive (bertujuan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pernyataan Miles dan Huberman dengan langkah langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu dengan trianggulasi sumber dan teknik.
 
Kata Kunci: Mind Maping, Kitab Fathul Qorib, Thaharah
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
 
Date 2022-01-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1227
 
Source FAJAR Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 1 No. 2 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Januari); 15-36
2808-4527
2809-2864
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1227/1054
 
Rights Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam