Record Details

Konsepsi Pendidikan Karakter Anak Perspektif Thomas Lickona (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Moral di Indonesia)

FAJAR Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Konsepsi Pendidikan Karakter Anak Perspektif Thomas Lickona (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Moral di Indonesia)
 
Creator Yaniardianto, Elga
 
Description Keberhasilan suatu bangsa dalam memperoleh tujuannya tidak hanya ditentukan oleh melimpah ruahnya sumber daya alam, tetapi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa “Bangsa yang besar dapat dilihat dari kualitas atau karakter bangsa (manusia) itu sendiri”. Penguatan pendidikan karakter di Indonesia dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di Negara kita. Diakui atau tidak saat ini terjadi krisis yang nyata dan menghawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga, yaitu anak-anak. artikel ini dilatar belakangi oleh bobroknya moral bangsa ini, serta menjelaskan seberapa pentingnya pendidikan karakter di terapkan sejak anak-anak, karena seharusnya pada usia anak-anak penanaman pendidikan karakter seharusnya lebih dominan dari yang lainnya. Dalam karakter anak Thomas Lickona adalah salah satu pemikir pendidikan karakter yang barat pendidikan menyebutnya juga sebagai bapak pendidikan karakter modern, Thomas Lickona dianggap sebagai pengusung terminology pendidikan karakter modern yang mulai dikenalkan sejak tahun 1900. Terutama ketika dia menulis buku yang berjudul The Run of Character Education dan kemudian disusul bukunya yang berjudul Educating For Character: How Our Shool Can Teach Respect And Responsibility, melalui buku-bukunya tersebut Thomas Lickona menyadarkan dunia barat serta dunia akan pentingnya pendidikan karakter.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Perspektif, Thomas Lickona
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam
 
Date 2021-10-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1100
 
Source FAJAR Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 1 No. 1 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (September); 63-80
2808-4527
2809-2864
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1100/965
 
Rights Copyright (c) 2021 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam