Record Details

Implementasi Media Pembelajaran Gambar Seri dalam Upaya meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MIMA Zainul Hasan Balung

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Media Pembelajaran Gambar Seri dalam Upaya meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MIMA Zainul Hasan Balung
Implementasi Media Pembelajaran Gambar Seri dalam Upaya meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MIMA Zainul Hasan Balung
 
Creator Zainudin, Agus
Dwi Febriyanti, Beby
Khoiriyyah Al-Ulya, hidayatul
 
Description Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MIMA Zainul Hasan Balung, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman yakni diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat pada siklus I, pada tahap pelaksanaan diperoleh data yakni dari keseluruhan siswa kelas VB yang berjumlah 26 siswa diperoleh jumlah nilai sebanyak 1765 dengan nilai rata-rata yakni 67,8. Nilai rata-rata ini didapatkan dari penjumlahan seluruh perolehan nilai siswa kemudian dibagi dengan jumlah siswa. Pada siklus I ini, siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal hanya berjumlah 11 orang atau dinyatakan dalam persentase yakni sebesar 42%. Sedangkan 15 siswa lainnya belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal atau jika dipersentasikan sebesar 58%. Hasil penelitian yang didapat pada siklus II pada tahap pelaksanaan dari keseluruhan siswa diperoleh jumlah nilai sebanyak 2206 dengan nilai rata-rata yakni 84,8. Pada siklus II ini seluruh siswa mencapai nilai ketuntasan minimal yakni sebanyak 26 orang dan jika dinyatakan dalam persentase yakni sebesar 100%. Hal ini tentu sudah melebihi dari indikator keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti yakni sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar seri yang disediakan guru sangat membantu siswa kelas V Mima Zainul Hasan dalam menghasilkan karangan dan terdapat peningkatan kemampuan pencapaian nilai KKM.
 
Key Words : Media, Gambar Seri, Keterampilan Menulis
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MIMA Zainul Hasan Balung, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman yakni diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat pada siklus I, pada tahap pelaksanaan diperoleh data yakni dari keseluruhan siswa kelas VB yang berjumlah 26 siswa diperoleh jumlah nilai sebanyak 1765 dengan nilai rata-rata yakni 67,8. Nilai rata-rata ini didapatkan dari penjumlahan seluruh perolehan nilai siswa kemudian dibagi dengan jumlah siswa. Pada siklus I ini, siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal hanya berjumlah 11 orang atau dinyatakan dalam persentase yakni sebesar 42%. Sedangkan 15 siswa lainnya belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal atau jika dipersentasikan sebesar 58%. Hasil penelitian yang didapat pada siklus II pada tahap pelaksanaan dari keseluruhan siswa diperoleh jumlah nilai sebanyak 2206 dengan nilai rata-rata yakni 84,8. Pada siklus II ini seluruh siswa mencapai nilai ketuntasan minimal yakni sebanyak 26 orang dan jika dinyatakan dalam persentase yakni sebesar 100%. Hal ini tentu sudah melebihi dari indikator keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti yakni sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar seri yang disediakan guru sangat membantu siswa kelas V Mima Zainul Hasan dalam menghasilkan karangan dan terdapat peningkatan kemampuan pencapaian nilai KKM.
 
Key Words : Media, Gambar Seri, Keterampilan Menulis
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2022-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1250
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 6 No. 2 (2021): September; 56-73
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 6 No 2 (2021): September; 56-73
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1250/1078
 
Rights Copyright (c) 2022 Agus Zainudin, Beby Dwi Febriyanti, hidayatul Khoiriyyah Al-Ulya
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0