Home Visit Method sebagai Upaya Mengatasi Ketertinggalan Belajar Siswa dalam Kondisi Pandemi Covid-19 di MI Mambaul Ulum Ledok Sidomukti Mayang Jember
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Home Visit Method sebagai Upaya Mengatasi Ketertinggalan Belajar Siswa dalam Kondisi Pandemi Covid-19 di MI Mambaul Ulum Ledok Sidomukti Mayang Jember
Home Visit Method sebagai Upaya Mengatasi Ketertinggalan Belajar Siswa dalam Kondisi Pandemi Covid-19 di MI Mambaul Ulum Ledok Sidomukti Mayang Jember |
|
Creator |
Crismono, Prima Cristi
Ali, Nur Maysaroh, Maysaroh |
|
Description |
Fokus pada penelitian ini adalah implementasi dan evaluasi hasil penggunaan metode home visit dalam mengatasi ketertinggalan belajar siswa di MI Mambaul Ulum, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data di peroleh dari Obervasi, Wawancara dan Dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan home visit method di MI Mambaul Ulum. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Alat bantu yang di gunakan berupa pdoman observasi, pedoma wawancara. Berdasarkan temuan peneliti secara menyeluruh bahwa hasil yang di peroleh baik melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa home visit method pada peserta didik kelas 5 MI Mambaul Ulum sudah dapat di katakan baik. Pelaksanaan home visit method ini terdapat tiga tahapan yaitu: yang pertama tahap persiapan dimana seorang guru mempersiapkan kebutuhan dalam pelaksanaan home visit method seperti perangkat pemelajaran dan lain-lain, kemudian guru menyusun jadwal pelaksanaan dan mengubungi wali siswa untuk meminta persetujuan. Kedua yaitu tahap pelaksanaan dimana seorang guru melaksanakan tugasnya untuk memberikan pemahaman terhadap peserta didik, yang terkhir dalam pelaksanaan home visit method adalah tahapan evaluasi pembelajaran, dimana seorang guru memberikan tugas untuk di kerjakan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. Key Words : Metode Home Visit, Belajar siswa Fokus pada penelitian ini adalah implementasi dan evaluasi hasil penggunaan metode home visit dalam mengatasi ketertinggalan belajar siswa di MI Mambaul Ulum, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data di peroleh dari Obervasi, Wawancara dan Dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan home visit method di MI Mambaul Ulum. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Alat bantu yang di gunakan berupa pdoman observasi, pedoma wawancara. Berdasarkan temuan peneliti secara menyeluruh bahwa hasil yang di peroleh baik melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa home visit method pada peserta didik kelas 5 MI Mambaul Ulum sudah dapat di katakan baik. Pelaksanaan home visit method ini terdapat tiga tahapan yaitu: yang pertama tahap persiapan dimana seorang guru mempersiapkan kebutuhan dalam pelaksanaan home visit method seperti perangkat pemelajaran dan lain-lain, kemudian guru menyusun jadwal pelaksanaan dan mengubungi wali siswa untuk meminta persetujuan. Kedua yaitu tahap pelaksanaan dimana seorang guru melaksanakan tugasnya untuk memberikan pemahaman terhadap peserta didik, yang terkhir dalam pelaksanaan home visit method adalah tahapan evaluasi pembelajaran, dimana seorang guru memberikan tugas untuk di kerjakan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. Key Words : Metode Home Visit, Belajar siswa |
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1247
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 6 No. 2 (2021): September; 19-26
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 6 No 2 (2021): September; 19-26 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1247/1075
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Prima Cristi Crismono, Nur Ali, Maysaroh Maysaroh
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|