Implementasi Model Pembelajaran E-Learning pada Mata Pelajaran Tematik di Kelas V SD Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Model Pembelajaran E-Learning pada Mata Pelajaran Tematik di Kelas V SD Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat
Implementasi Model Pembelajaran E-Learning pada Mata Pelajaran Tematik di Kelas V SD Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat |
|
Creator |
Zainudin, Agus
Aini, Qurrotul |
|
Description |
Surat edaran kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) mengharuskan pendididik melakukan pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penyebaran virus covid-19 pada lingkungan sekolah. Salah satu pembelajaran jarak jauh yang bisa dilaksanakan oleh pendidik yaitu model pembelajaran e-learning. E-learning memungkinkan peserta didik untuk belajar memahami komputer di tempat masing-masing tanpa harus secara fisik bertemu face to face di kelas dengan gurunya. Melalui model pembelajaran e-learning ini diharapkan para pengajar dapat mengelola materi pembelajaran, misalnya menyusun RPP, mengunggah materi, memberikan tugas kepada peserta didik, menerima pekerjaan membuat tes/kuis, memberikan nilai, memonitoring keaktifan, mengelola nilai, berinteraksi dengan peserta didik dan sesama tim pengajar, melalui forum diskusi atau chat, dan lain-lainya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunnjukkan bahwa implementasi model pembelajaran e-learning pada mata pelajaran tematik di kelas lima SD Unggulan Nurul Huda sudah dapat dilaksanakan, metode pembelajarannya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Medianya menggunakan aplikasi whatsapp dan classroom juga menggunakan media vidio melalui aplikasi whatsapp. Kegiatan pembelajarannya juga sudah terlaksana dengan baik. kendala yang dihadapi diantaranya tidak ada jaringan, tidak mempunyai kuota internet, sebagian siswa yang tidak memiliki perangkat atau smartphone. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut guru maupun wali murid berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi kendala tersebut seperti rentan waktu pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru sampai jam delapan malam, ketika tidak ada jaringan maupun tidak mempunyai kuota wali murid berusaha numpang hotspot pada saudara atau tetangga. Key Words: Model Pembelajaran E-learning, Mata Pelajaran Tematik Surat edaran kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) mengharuskan pendididik melakukan pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penyebaran virus covid-19 pada lingkungan sekolah. Salah satu pembelajaran jarak jauh yang bisa dilaksanakan oleh pendidik yaitu model pembelajaran e-learning. E-learning memungkinkan peserta didik untuk belajar memahami komputer di tempat masing-masing tanpa harus secara fisik bertemu face to face di kelas dengan gurunya. Melalui model pembelajaran e-learning ini diharapkan para pengajar dapat mengelola materi pembelajaran, misalnya menyusun RPP, mengunggah materi, memberikan tugas kepada peserta didik, menerima pekerjaan membuat tes/kuis, memberikan nilai, memonitoring keaktifan, mengelola nilai, berinteraksi dengan peserta didik dan sesama tim pengajar, melalui forum diskusi atau chat, dan lain-lainya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunnjukkan bahwa implementasi model pembelajaran e-learning pada mata pelajaran tematik di kelas lima SD Unggulan Nurul Huda sudah dapat dilaksanakan, metode pembelajarannya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Medianya menggunakan aplikasi whatsapp dan classroom juga menggunakan media vidio melalui aplikasi whatsapp. Kegiatan pembelajarannya juga sudah terlaksana dengan baik. kendala yang dihadapi diantaranya tidak ada jaringan, tidak mempunyai kuota internet, sebagian siswa yang tidak memiliki perangkat atau smartphone. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut guru maupun wali murid berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi kendala tersebut seperti rentan waktu pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru sampai jam delapan malam, ketika tidak ada jaringan maupun tidak mempunyai kuota wali murid berusaha numpang hotspot pada saudara atau tetangga. Key Words: Model Pembelajaran E-learning, Mata Pelajaran Tematik |
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2022-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1246
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 6 No. 2 (2021): September; 11-18
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 6 No 2 (2021): September; 11-18 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1246/1074
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Agus Zainudin, Qurrotul Aini
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|