Record Details

Tradisi Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar sebagai Pembinaan Akhlakul Karimah pada Siswa di MIMA 34 Hasyim Asy’ari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tradisi Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar sebagai Pembinaan Akhlakul Karimah pada Siswa di MIMA 34 Hasyim Asy’ari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember
Tradisi Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar sebagai Pembinaan Akhlakul Karimah pada Siswa di MIMA 34 Hasyim Asy’ari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember
 
Creator Ida Nafi'atul Ulum, Agus Zainudin,
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisa  secara  mendalam  bagaimana  pembinaan  akhlakul karimah. (2) Bagaimana Proses Pembiasaaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar dalam membina akhlakul karimah. (3) Faktor pendukung  dan  penghambat  dari pelaksanaan kegiatan  pembiasaan membaca   Al-Qur’an   sebelum   belajar   dalam   membina   akhlakul karimah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang tempat MI 34 Hasyim Asy’ari Pontang Ambulu dengan metode pemilihan subjek penelitian atau informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara secara mendalam, observasi Partisipatf dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati   data   hasil   pengamatan   dengan   wawancara).   Hasil penelitian  menunjukan  bahwa  (1)Pembinaan  akhlakul karimah  yang dilakukan di MI 34 Hasyim Asy’ari Pontang Ambulu dilakukan dengan berbagai cara dan metode. (2) Pelaksanaan program pembiasaan membaca  Al-Qur’an  di MI  34  Hasyim  Asy’ari  Pontang  Ambulu  ini berjalan kurang lebih sudah 10 tahun lamanya. (3) faktor pendukung dari pelaksananaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar adalah adanya keinginan dari kepala sekolah dan orang tua siswa untuk mengenalkan kepada siswa agar siswa senantiasa dekat dengan ayat-ayat Al-Qur’an, sebelum memulai aktifitas di pagi hari.(4) Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari faktor internal dan eksternal.
Key Words: Tradisi Membaca Al-Qur’an, Pembinaan Akhlakul Karimah
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisa  secara  mendalam  bagaimana  pembinaan  akhlakul karimah. (2) Bagaimana Proses Pembiasaaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar dalam membina akhlakul karimah. (3) Faktor pendukung  dan  penghambat  dari pelaksanaan kegiatan  pembiasaan membaca   Al-Qur’an   sebelum   belajar   dalam   membina   akhlakul karimah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang tempat MI 34 Hasyim Asy’ari Pontang Ambulu dengan metode pemilihan subjek penelitian atau informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara secara mendalam, observasi Partisipatf dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati   data   hasil   pengamatan   dengan   wawancara).   Hasil penelitian  menunjukan  bahwa  (1)Pembinaan  akhlakul karimah  yang dilakukan di MI 34 Hasyim Asy’ari Pontang Ambulu dilakukan dengan berbagai cara dan metode. (2) Pelaksanaan program pembiasaan membaca  Al-Qur’an  di MI  34  Hasyim  Asy’ari  Pontang  Ambulu  ini berjalan kurang lebih sudah 10 tahun lamanya. (3) faktor pendukung dari pelaksananaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar adalah adanya keinginan dari kepala sekolah dan orang tua siswa untuk mengenalkan kepada siswa agar siswa senantiasa dekat dengan ayat-ayat Al-Qur’an, sebelum memulai aktifitas di pagi hari.(4) Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari faktor internal dan eksternal.
Key Words: Tradisi Membaca Al-Qur’an, Pembinaan Akhlakul Karimah
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2022-01-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1239
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 6 No. 1 (2021): Maret; 15-24
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 6 No 1 (2021): Maret; 15-24
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1239/1063
 
Rights Copyright (c) 2022 Agus Zainudin, Ida Nafi'atul Ulum
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0