Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI Al Badri dalam Pembelajaran Tematik
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI Al Badri dalam Pembelajaran Tematik
Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI Al Badri dalam Pembelajaran Tematik |
|
Creator |
Lukman, Lukman
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan multimedia interaktif yang layak digunakan dalam pelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa MI Al Badri Kalisat. Peneltian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan media sebelum dilakukan uji coba kepada siswa. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 20 siswa. 20 siswa saat uji coba lapangan utama, dan 20 siswa saat uji coba lapangan operasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli media, angket uji kelayakan ahli materi, dan angket uji kelayakan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan:1)hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 4,4 (sangat baik) , 2)hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 4,3 (sangat baik) 3)hasil uji coba lapangan utama mendapat skor rata-rata 4,0 ( baik),4)hasil uji coba lapangan operasional mendapat skor rata-rata 4,75 (Sangat baik). Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji kelayakan tersebut multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran siswa. Hasil Belajar siswa menunjukkan 1) siswa yang mencapai KKM sebesar 70% 2) Siswa yang tidak mencapai KKM adalah 30%. Key Words: Multimedia Interaktif, Hasil Beajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan multimedia interaktif yang layak digunakan dalam pelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa MI Al Badri Kalisat. Peneltian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan media sebelum dilakukan uji coba kepada siswa. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 20 siswa. 20 siswa saat uji coba lapangan utama, dan 20 siswa saat uji coba lapangan operasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli media, angket uji kelayakan ahli materi, dan angket uji kelayakan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan:1)hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 4,4 (sangat baik) , 2)hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 4,3 (sangat baik) 3)hasil uji coba lapangan utama mendapat skor rata-rata 4,0 ( baik),4)hasil uji coba lapangan operasional mendapat skor rata-rata 4,75 (Sangat baik). Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji kelayakan tersebut multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran siswa. Hasil Belajar siswa menunjukkan 1) siswa yang mencapai KKM sebesar 70% 2) Siswa yang tidak mencapai KKM adalah 30%. Key Words: Multimedia Interaktif, Hasil Beajar Siswa. |
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2022-01-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1237
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 6 No. 1 (2021): Maret; 55-63
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 6 No 1 (2021): Maret; 55-63 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1237/1061
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Lukman Lukman
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|