Record Details

Penerapan Pembelajaran Fikih dengan Metode Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MI Bustanul Ulum Desa Kemiri Kecamatan Panti Jember

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Pembelajaran Fikih dengan Metode Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MI Bustanul Ulum Desa Kemiri Kecamatan Panti Jember
Penerapan Pembelajaran Fikih dengan Metode Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MI Bustanul Ulum Desa Kemiri Kecamatan Panti Jember
 
Creator Fatimatul Zahro, Fifin
 
Description Pembelajaran berbasis masalah (problem based instruction) adalah proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan sistemik untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan yang akan diperlukan dalam kehidupan nyata. Hal ini juga dimaknai sebagai model pembelajaran yang menantang siswa agar belajar untuk bekerja sama dalam kelompok (kolektif-kolegial) untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata.
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok ialah ingin mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam ilmu fiqih dengan metode problem based instruction, penerapan metode problem based instruction di kelas VI MI Bustanul Ulum Kemiri Jember, dan hambatan yang terjadi dengan penggunaan metode problem based instruction dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengumpulan data dilakukan dengan pengamtan langsung oleh peneliti, interview, dokumentasi, serta dukungan referensi dari sumber primer, seperti data-data sekolah serta hasil test peneliti kepada siswa. Akhirnya data yang terkumpulkan kemudian dianilis menggunakan analisis data berupa penyajian data, reduksi data, verifikasi data serta rencana tindakan berupa siklus.
Dengan demikian, setelah analisis data dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang berangkat dari pemahaman siswa tentang suatu masalah, menemukan alternatif solusi atas masalah, kemudian memilih solusi yang tepat untuk digunakan dalam memecahkan masalah tersebut.
Key Words: Pembelajaran Fikih, Metode Problem Based Instruction
Pembelajaran berbasis masalah (problem based instruction) adalah proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan sistemik untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan yang akan diperlukan dalam kehidupan nyata. Hal ini juga dimaknai sebagai model pembelajaran yang menantang siswa agar belajar untuk bekerja sama dalam kelompok (kolektif-kolegial) untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata.
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok ialah ingin mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam ilmu fiqih dengan metode problem based instruction, penerapan metode problem based instruction di kelas VI MI Bustanul Ulum Kemiri Jember, dan hambatan yang terjadi dengan penggunaan metode problem based instruction dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengumpulan data dilakukan dengan pengamtan langsung oleh peneliti, interview, dokumentasi, serta dukungan referensi dari sumber primer, seperti data-data sekolah serta hasil test peneliti kepada siswa. Akhirnya data yang terkumpulkan kemudian dianilis menggunakan analisis data berupa penyajian data, reduksi data, verifikasi data serta rencana tindakan berupa siklus.
Dengan demikian, setelah analisis data dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang berangkat dari pemahaman siswa tentang suatu masalah, menemukan alternatif solusi atas masalah, kemudian memilih solusi yang tepat untuk digunakan dalam memecahkan masalah tersebut.
Key Words: Pembelajaran Fikih, Metode Problem Based Instruction
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2022-01-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1220
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 6 No. 1 (2021): Maret; 25-33
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 6 No 1 (2021): Maret; 25-33
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1220/1049
 
Rights Copyright (c) 2022 Fifin Fatimatul Zahro
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0