Record Details

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelas V B SDN Suco 02

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelas V B SDN Suco 02
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelas V B SDN Suco 02
 
Creator Ultufah, Ultufah
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui strategi Pembelajaran strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas V B SDN Suco 02 yang mana berbicara merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan informasi dengan orang lain. Hasil observasi awal diketahui di SDN Suco 02 ketika proses belajar mengajar masih kurang guru kurang kreatif yaitu siswa datang, duduk, menulis materi yang dituliskan guru di papan tulis, mendengarkan guru menjelaskan materi dan mengerjakan tugas, setelah itu selesai, sehingga membuat siswa siswa akan merasa sangat bosan. Kurangnya pembelajaran sangat menuntut pada komunikasi siswa yang masih sangatlah kurang. salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah strategi pembelajaran student facilitator and explaining,   strategi pembelajaran ini sangat efektif karena penggunaan strategi student facilitator and explaining sangat diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar berbicara, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data di lakukan dengn 4 cara, yaitu: observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Menggunakan strategi pembelajaran student facilitator and explaining terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara, melalui strategi Student Facilitator and Explaining ternyata lebih efektif. Dapat di lihat dari peningkatan perolehan Persentase ketuntasan ada kenaikan hasil belajar siswa dari siklus 1 sebesar 58.3% yang tuntas 14 dan yang belum tuntas 10 dari 24 siswa. Dan pada siklus II sebesar 96.67% yang tuntas 22 dan yang belum tuntas 2 dari 24 siswa. Artinya kemampuan siswa dalam berbicara meningkat, lebih baik.
 
Key Words: Kemampuan Berbicara, Student Facilitator and Explaining
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui strategi Pembelajaran strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas V B SDN Suco 02 yang mana berbicara merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan informasi dengan orang lain. Hasil observasi awal diketahui di SDN Suco 02 ketika proses belajar mengajar masih kurang guru kurang kreatif yaitu siswa datang, duduk, menulis materi yang dituliskan guru di papan tulis, mendengarkan guru menjelaskan materi dan mengerjakan tugas, setelah itu selesai, sehingga membuat siswa siswa akan merasa sangat bosan. Kurangnya pembelajaran sangat menuntut pada komunikasi siswa yang masih sangatlah kurang. salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah strategi pembelajaran student facilitator and explaining,   strategi pembelajaran ini sangat efektif karena penggunaan strategi student facilitator and explaining sangat diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar berbicara, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data di lakukan dengn 4 cara, yaitu: observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Menggunakan strategi pembelajaran student facilitator and explaining terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara, melalui strategi Student Facilitator and Explaining ternyata lebih efektif. Dapat di lihat dari peningkatan perolehan Persentase ketuntasan ada kenaikan hasil belajar siswa dari siklus 1 sebesar 58.3% yang tuntas 14 dan yang belum tuntas 10 dari 24 siswa. Dan pada siklus II sebesar 96.67% yang tuntas 22 dan yang belum tuntas 2 dari 24 siswa. Artinya kemampuan siswa dalam berbicara meningkat, lebih baik.
Key Words: Kemampuan Berbicara, Student Facilitator and Explaining
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2022-01-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1213
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 6 No. 1 (2021): Maret; 1-13
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 6 No 1 (2021): Maret; 1-13
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1213/1045
 
Rights Copyright (c) 2022 Ultufah Ultufah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0