Record Details

Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan berbahasa Arab di MI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung : indonesia

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan berbahasa Arab di MI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung : indonesia
Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan berbahasa Arab di MI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung: indonesia
 
Creator Luthfiyah, Luthfiyah
 
Description Bahasa Arab adalah bahasa agama Islam dan bahasa Al-Qur’an. Kita tidak akan bisa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bekal bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap berbagai permasalahan agama.
Berdasarkan fakta tersebut peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Silent Way Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana penerapan Metode Silent Way dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Metode ini mengakui adanya kemampuan peserta didik dalam mempelajari dan mengingat informasi tanpa verbalisasi (penjelasan detail dari guru) dengan bantuan minimal dari guru.
Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah didapatkan kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Metode Silent Way merupakan serangkaian dari metode inovatif untuk menjadikan sebuah pembelajaran menjadi aktif dan menarik Kedua, Metode ini mampu melengkapi siswa dengan keterampilan berbahasa Asing secara lisan dan memperkuat kepekaan menyimak.
Ketiga, Metode ini juga mampu menghilangkan anggapan siswa tentang sulitnya belajar bahasa Arab.
 
Key Wods: Bahasa Arab, silent way.
Bahasa Arab adalah bahasa agama Islam dan bahasa Al-Qur’an. Kita tidak akan bisa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bekal bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap berbagai permasalahan agama.
Berdasarkan fakta tersebut peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Silent Way Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana penerapan Metode Silent Way dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Metode ini mengakui adanya kemampuan peserta didik dalam mempelajari dan mengingat informasi tanpa verbalisasi (penjelasan detail dari guru) dengan bantuan minimal dari guru.
Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah didapatkan kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Metode Silent Way merupakan serangkaian dari metode inovatif untuk menjadikan sebuah pembelajaran menjadi aktif dan menarik Kedua, Metode ini mampu melengkapi siswa dengan keterampilan berbahasa Asing secara lisan dan memperkuat kepekaan menyimak.
Ketiga, Metode ini juga mampu menghilangkan anggapan siswa tentang sulitnya belajar bahasa Arab.
 
Key Wods: Bahasa Arab, silent way.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2022-01-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1205
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 2 (2020): September; 53-68
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 2 (2020): September; 53-68
2808-3954
2502-8383
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1205/1043
 
Rights Copyright (c) 2022 Luthfiyah Luthfiyah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0