Record Details

Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksplanasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Miftahul Ulum 01 Kepanjen Gumukmas Jember: indonesia

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksplanasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Miftahul Ulum 01 Kepanjen Gumukmas Jember: indonesia
Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksplanasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Miftahul Ulum 01 Kepanjen Gumukmas Jember: indonesia
 
Creator Himmah, Faiqotul
 
Description Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca teks eksplanasi Bahasa Indonesia siswa kelas VA MI MIFTAHUL ULUM 01 KEPANJEN yakni dari 23 siswa 16 orang siswa (70,6 %) belum mencapai KKM yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca teks eksplanasi Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca teks eksplanasi Bahasa Indonesia kelas V MI MIFTAHUL ULUM 01 Kepanjen. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata siswa membaca teks eksplanasi pada siklus I adalah 70, dan nilai rata-rata siswa membaca puisi pada siklus II adalah 92. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca teks eksplanasi siswa kelas V MI MIFTAHUL ULUM 01 Kepanjen.
 
Key Words: Metode Cooperative Integrated Reading and Composition, Membaca Teks Eksplanasi
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca teks eksplanasi Bahasa Indonesia siswa kelas VA MI MIFTAHUL ULUM 01 KEPANJEN yakni dari 23 siswa 16 orang siswa (70,6 %) belum mencapai KKM yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca teks eksplanasi Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca teks eksplanasi Bahasa Indonesia kelas V MI MIFTAHUL ULUM 01 Kepanjen. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata siswa membaca teks eksplanasi pada siklus I adalah 70, dan nilai rata-rata siswa membaca puisi pada siklus II adalah 92. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca teks eksplanasi siswa kelas V MI MIFTAHUL ULUM 01 Kepanjen.
 
Key Words: Metode Cooperative Integrated Reading and Composition, Membaca Teks Eksplanasi
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2022-01-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1204
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 2 (2020): September; 39-52
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 2 (2020): September; 39-52
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1204/1042
 
Rights Copyright (c) 2022 Faiqotul Himmah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0