Peningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Bilangan Cacah Melalui Metode Apiq (Aritmetika Plus Inteligensi Quantum) di MI Salafiyah Syafiiyah Langkap-Bangsalsari-Jember: Indonesia
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Bilangan Cacah Melalui Metode Apiq (Aritmetika Plus Inteligensi Quantum) di MI Salafiyah Syafiiyah Langkap-Bangsalsari-Jember: Indonesia
Peningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Bilangan Cacah Melalui Metode Apiq (Aritmetika Plus Inteligensi Quantum) di MI Salafiyah Syafiiyah Langkap-Bangsalsari-Jember: indonesia |
|
Creator |
Purnia, Intan
|
|
Description |
Penelitian ini mengungkap dua tujuan penelitian yaitu; a) Penggunaan metode APIQ (Aritmetika Plus Inteligensi Qunatum) dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas III materi perkalian bilangan cacah di MI Salafiyah Syafiiyah, Langkap-Bangsalsari-Jember. b) Penggunaan metode APIQ (Aritmetika Plus Inteligensi Qunatum) dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas III materi perkalian bilangan cacah di MI Salafiyah Syafiiyah, Langkap-Bangsalsari-Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini sebanyak 26 siswa dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan angket. Penelitian ini menemukan dua hal; pertama, pada tahap pelaksanaan penggunaan metode APIQ siswa menjadi semakin semangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yaitu, pada siklus I dengan persentase 82,31% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 91,03%. Demikian juga hasil angket yang dilakukan guru dan peneliti mengenai penggunaan metode APIQ dalam pembelajaran materi perkalian bilangan cacah yaitu dengan hasil, siswa yang menjawab iya sebesar 88,08% dan siswa yang menjawab tidak sebesar 11,92%; kedua, Adapun hasil belajar yang diperoleh siswa dari pelaksanaan pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan, yaitu: kondisi awal dengan rata-rata sebesar 59,23 dengan persentase ketuntasan sebesar 42,31%, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,15 dengan persentase ketuntasan sebesar 69,23%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,38 dengan persentase ketuntasan sebesar 88,46%. Dalam pengujian hipotesis untuk mencari perbedaan signifikan juga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, metode APIQ ini bisa diterapkan sebagai metode alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Key Words: Hasil Belajar, Perkalian Bilangan Cacah, Metode APIQ Penelitian ini mengungkap dua tujuan penelitian yaitu; a) Penggunaan metode APIQ (Aritmetika Plus Inteligensi Qunatum) dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas III materi perkalian bilangan cacah di MI Salafiyah Syafiiyah, Langkap-Bangsalsari-Jember. b) Penggunaan metode APIQ (Aritmetika Plus Inteligensi Qunatum) dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas III materi perkalian bilangan cacah di MI Salafiyah Syafiiyah, Langkap-Bangsalsari-Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini sebanyak 26 siswa dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan angket. Penelitian ini menemukan dua hal; pertama, pada tahap pelaksanaan penggunaan metode APIQ siswa menjadi semakin semangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yaitu, pada siklus I dengan persentase 82,31% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 91,03%. Demikian juga hasil angket yang dilakukan guru dan peneliti mengenai penggunaan metode APIQ dalam pembelajaran materi perkalian bilangan cacah yaitu dengan hasil, siswa yang menjawab iya sebesar 88,08% dan siswa yang menjawab tidak sebesar 11,92%; kedua, Adapun hasil belajar yang diperoleh siswa dari pelaksanaan pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan, yaitu: kondisi awal dengan rata-rata sebesar 59,23 dengan persentase ketuntasan sebesar 42,31%, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,15 dengan persentase ketuntasan sebesar 69,23%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,38 dengan persentase ketuntasan sebesar 88,46%. Dalam pengujian hipotesis untuk mencari perbedaan signifikan juga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, metode APIQ ini bisa diterapkan sebagai metode alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Key Words: Hasil Belajar, Perkalian Bilangan Cacah, Metode APIQ |
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2022-01-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1203
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 2 (2020): September; 31-38
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 2 (2020): September; 31-38 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1203/1041
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Intan Purnia
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|