Record Details

Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember: indonesia

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember: indonesia
Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember: indonesia
 
Creator Rohim, Abdur
 
Description Karakter adalah mustika hidup yang membedakan manusia dengan binatang. Manusia tanpa karakter adalah manusia yang sudah “membinatang”. Orang-orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial ialah mereka yang memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Mengingat begitu urgennya karakter, maka institusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkannya melalui proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban atas masalah yang dirumuskan di atas yaitu; untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah Membentuk Karakter Siswa Di Mi Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Untuk mengetahui penanaman karakter religius melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah Membentuk Karakter Siswa Di Mi Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengeni fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. Dan dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode observasi pendekatan secara langsung, Sehingga dapat disimpulkan apa saja kekurangan dan masukan yang dapat diambil dari penelitian tersebut, dan juga dapat dirasakan apa manfaat dari penelitian yang dilakukan di MI Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
  
Key Words: Sholat Dhuha Berjamaah, Karakter Siswa.
Karakter adalah mustika hidup yang membedakan manusia dengan binatang. Manusia tanpa karakter adalah manusia yang sudah “membinatang”. Orang-orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial ialah mereka yang memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Mengingat begitu urgennya karakter, maka institusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkannya melalui proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban atas masalah yang dirumuskan di atas yaitu; untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah Membentuk Karakter Siswa Di Mi Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Untuk mengetahui penanaman karakter religius melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah Membentuk Karakter Siswa Di Mi Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengeni fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. Dan dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode observasi pendekatan secara langsung, Sehingga dapat disimpulkan apa saja kekurangan dan masukan yang dapat diambil dari penelitian tersebut, dan juga dapat dirasakan apa manfaat dari penelitian yang dilakukan di MI Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
  
Key Words: Sholat Dhuha Berjamaah, Karakter Siswa.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2022-01-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1202
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 2 (2020): September; 14-30
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 2 (2020): September; 14-30
2808-3954
2502-8383
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1202/1040
 
Rights Copyright (c) 2022 Abdur Rohim
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0