PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI MI BUSTANUL ULUM BANGSALSARI: Indonesia
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI MI BUSTANUL ULUM BANGSALSARI: Indonesia
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI MI BUSTANUL ULUM BANGSALSARI: indonesia |
|
Creator |
Dzatul Himmah, Yunia
|
|
Description |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran menggunakan model, strategi dan media pembelajaran yang kurang menarik mengakibatkan minat belajar menjadi rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Apabila hal ini dibiarkan secara berkelanjutan akan mengakibatkan tujuan belajar tidak akan tercapai secara maksimal.Oleh karena itu peneliti menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Pembelajaran menggunakan penerapan strategi crossword puzzle ini diharapkan siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran.Selain itu, dengan penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada materi IPA. Observasi guru pada pembelajaran siklus I diperoleh presentase rata-rata sebesar 75%, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus yang pertama jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle. Pada siklus II presentase rata-rata mencapai 95%. Artinya guru sudah melaksanakan pembelajaran sangat baik, kenaikan presentase dari pembelajaran siklus I ke siklus II adalah sebesar 20%.Pencapaian pada siklus kedua ini mengalami peningkatan terhadap semua aspek yg diteliti. Dapat dinyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V MI Bustanul Ulum Bangsalsari mengalami peningkatan. Dengan kata lain penggunaan strategi yang sesuai akan membantu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Key Words: Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Pelajaran IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran menggunakan model, strategi dan media pembelajaran yang kurang menarik mengakibatkan minat belajar menjadi rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Apabila hal ini dibiarkan secara berkelanjutan akan mengakibatkan tujuan belajar tidak akan tercapai secara maksimal.Oleh karena itu peneliti menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Pembelajaran menggunakan penerapan strategi crossword puzzle ini diharapkan siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran.Selain itu, dengan penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada materi IPA. Observasi guru pada pembelajaran siklus I diperoleh presentase rata-rata sebesar 75%, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus yang pertama jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle. Pada siklus II presentase rata-rata mencapai 95%. Artinya guru sudah melaksanakan pembelajaran sangat baik, kenaikan presentase dari pembelajaran siklus I ke siklus II adalah sebesar 20%.Pencapaian pada siklus kedua ini mengalami peningkatan terhadap semua aspek yg diteliti. Dapat dinyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V MI Bustanul Ulum Bangsalsari mengalami peningkatan. Dengan kata lain penggunaan strategi yang sesuai akan membantu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Key Words: Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Pelajaran IPA |
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2022-01-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1201
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 2 (2020): September; 1-13
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 2 (2020): September; 1-13 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1201/1039
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Yunia Dzatul Himmah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|