Record Details

RAGAM BAHASA DALAM AKTIVITAS JUAL BELI PADA PASAR TRADISIONAL, PASAR MODERN, DAN DARING DITINJAU DARI KELAS SOSIAL

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title RAGAM BAHASA DALAM AKTIVITAS JUAL BELI PADA PASAR TRADISIONAL, PASAR MODERN, DAN DARING DITINJAU DARI KELAS SOSIAL
 
Creator Febriyanti, Beby Dwi
 
Description Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanadanya perbedaan ragam bahasa yang digunakan dalam proses transaksijual beli pada pasar tradisional, pasar moder, dan pasar online ditinjaudari kelas sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptifkualitatif. Sumber data penelitian adalah ujaran lisan maupun tulismasyarakat pengguna bahasa, sedangkan data penelitiannya berupakalimat-kalimat proses jual beli serta bentuk kata sapaan. Lokasipenelitian dilakukan di pasar tradisional Jember, pasar modern dikawasan kabupaten Jember, serta memanfaatkan media sosial berupafacebook dan instagram. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengantriangulasi. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan, (1) reduksidata, (2) menyajikan dan memaparkan data, (3) penarikan simpulan.Hasil penelitian ini adalah pertama, tentang penggunaan bahasa padapasar tradisional adalah cenderung digunakannya bahasa daerah baikbahasa Jawa ataupun Madura. Bentuk sapaan antara penjual denganpembeli menggunakan sapaan pada umumnya yakni Mas, Mbak, Pak,Bu. Kedua penggunaan bahasa pada pasar modern di kawasanKabupaten Jember adalah antara pembeli dengan pramuniagamenggunakan bahasa Indonesia. Kata sapaan yang digunakan samadengan pasar tradisional yakni Mas, Mbak, Pak, Bu, Dek. Ketigapenggunaan bahasa pada pasar online menggunakan bahasa Indonesiadan diselingi dengan istilah-istilah asing, begitu pula dalam bentuk katasapaannya
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2017-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/914
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 2 No. 2 (2017); 146-159
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 2 No 2 (2017): September; 146-159
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/914/832
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar