PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI BUSTANUL ULUM LANGKAP BANGSALSARI JEMBER
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI BUSTANUL ULUM LANGKAP BANGSALSARI JEMBER
|
|
Creator |
Mohamad
|
|
Description |
Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satupermainan gerak yang didalamnya terdapat aturan, tujuan dansekaligus melibatkan unsur bahagia. Dalam pembelajaran ini parapeserta didik dibagi menjadi tiga kelompok kemudian masing–masingkelompok memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secarabersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan,sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah dalampembelajaran.Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok adalahingin mendeskripsikan penerapan model pembelajran Role Playinguntuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran SKI. Permasalahan tersebut peneliti konsen meneliti danmengkaji secara mendalam dengan menggunakan pendekatankualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahmetode observasi, interview, tes dan dokumentasi. Analisa data yangdigunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes. Data hasil tesmerupakan tes formatif pada tiap akhir siklus. Nilai rata-rata kelas saatpelaksanaan pre tes mencapai 55,47. Aktivitas belajar siswa selamaproses pembelajaran pada siklus I mencapai nlai rata-rata 78,83. Padasiklus II terlihat siswa lebih aktif ketika pembelajaran. Perolehan nilairata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 92,50 dan telahmencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Hal ini menunjukkanterjadinya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan baik.Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkanpemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran Sejarah KebudayaanIslam sub bab masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW di MIBustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember
|
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2017-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/910
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 2 No. 2 (2017); 53-77
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 2 No 2 (2017): September; 53-77 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/910/828
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
|
|