PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM RENES WIROWONGSO AJUNG JEMBER TA 2015/2016
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM RENES WIROWONGSO AJUNG JEMBER TA 2015/2016
|
|
Creator |
Hasanah, Siti Muflihatul
|
|
Description |
Strategi pembelajaran peer lessons dapat memperkuat perkembangan pembelajaran matematika dan mampu berpengaruh terhadap perubahan pada hasil belajar matematika siswa dengan baik. Rumusan Masalah adalah adakah Pengaruh Stategi Pembelajaran Peer Lessons Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun Palajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh peer lessons terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendidik siswa menjadi seorang yang percaya diri, aktif, dan tentunya mereka dapat merasakan pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga mereka termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Jenin penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember. Sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh (sensus), 32 siswa-siswi. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini antara lain: metode interview, metode observasi dan metode Dokumentasi. Analisa data menggunakan rumus Chi kwadrat dengan taraf signifikan 5% kemudian untuk mengetahui bobot hasil chi kwadrat tersebut dipergunakanlah rumus KK (koefisien kontingensi). Hasil penelitian ini bahwa terbukti variabel X dengan variabel Y terdapat pengaruh. Analisis data dan pengujian hipotesis nilai X2 empiris = 9,2. lebih besar dari X2 kritik dengan db 1 dan taraf signifikansi 5 % = 3,841 yang berarti signifikan, artinya hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak. Kemudian berdasarkan hitungan rumus KK, nilainya = 0,355 berada diantara 0,201 – 0,400 berarti ada peranan atau pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat diinterpre-tasikan bahwa semakin berkualitas penggunaan strategi pembelajaran peer lessons, maka hasil belajar matematika siswa semakin meningkat dengan baik. Guru hendaknya menguasai strategi peer lessons dalam proses pembelajaran matematika siswa, sehingga siswa aktif dan menyenangkan serta siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran matematika dengan baik. Hendaknya guru menggunakan pree-test dan post-test dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran dan ketuntasan belajar matematika siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkannya
|
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2016-09-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/903
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 1 No. 2 (2016): September; 147-173
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 1 No 2 (2016): September; 147-173 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/903/823
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
|
|