Record Details

POLA INTERAKSI KYAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PESANTREN ASH-SHIDDIQI PUTRI TALANGSARI KALIWATES JEMBER

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title POLA INTERAKSI KYAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PESANTREN ASH-SHIDDIQI PUTRI TALANGSARI KALIWATES JEMBER
 
Creator Suhartina
 
Description : Interaksi adalah kebutuhan manusia dalam mempertahankankelangsungan hidup, hampir tidak mungkin seseorang dapat menjalanihidupnya tanpa berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan deskripsi diatas, maka pokok permasalahan dalam artikel ini bagaimana pola interaksikyai dan santri dalam membentuk karakter di Pondok Pesantren AshShiddiqi putri Talangsari Kecamatan Kaliwates Jember. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pesantren AshShiddiqi putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknikpengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dandokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakanpenelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: polapendidikan yang digunakan dalam pembentukan pribadi bagi santri dalampenelitian ini adalah dengan menggunakan pembentukan pola hubunganbaik, yaitu pola yang digunakan dalam pembiasaan berhubungan antarakyai dengan santri dan hubungan antara santri dengan santri dalammenanamkan nilai-nilai karakter (aqidah, ibadah dan akhlak) yaitumembentuk santri menjadi manusia yang memiliki kedewasaan ilmu,wawasan, perilaku dan sikap
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2020-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/902
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 1 (2020): Maret; 122-151
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 1 (2020): Maret; 122-151
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/902/820
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar