HUBUNGAN KONDISI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS AL-AZHAR MUKTISARI KALIWATES KABUPATEN JEMBER
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
HUBUNGAN KONDISI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS AL-AZHAR MUKTISARI KALIWATES KABUPATEN JEMBER
|
|
Creator |
Kurnaini
|
|
Description |
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan kondisikelas dengan motivasi belajar siswa, dengan fokus pada masalah: 1.Bagaimanakah hubungan kondisi kelas dengan motivasi belajar siswa. 2.Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas dengan motivasi intrinsikbelajar siswa. 3. Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas denganmotivasi ekstrinsik belajar siswa. 4. Bagaimanakah hubungan kondisi nonfisik kelas dengan motivasi intrinsik belajar siswa. 5. Bagaimanakahhubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi ekstrinsik belajar siswa.Dengan menggunakan tehnik analisa data kuantitatif Yule’s Q, makadiperoleh hasil sebagai berikut : Pertama, Terdapat hubungan kondisi kelasdengan motivasi belajar siswa. Kedua, Terdapat hubungan kondisi fisikkelas dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa. Ketiga.Terdapat hubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi intrinsik danekstrinsik belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1.Siswa-siswi hendaknya menjaga dan memelihara kelas dan lingkungansekolahnya dengan baik karena secara signifikan kondisi kelas yang bersihada pengaruhnya dengan motivasi belajar siswa. 2. Sebagai masyarakatsekolah, seorang siswa atau siswi hendaknya lebih disiplin lagi dalammematuhi peratuhan disekolah seperti tidak membuang sampahsembarangan, mencorat-coret dinding sekolah, dan lainnya. 3. Motivasijuga sangat perlu ditanamkan dalam jiwa sianak sebab dengan motivasi,akan dapat merubah jati diri dan kepribadian anak. 4. Pihak sekolah jugaharus memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh siswa-siswiuntuk mempermudah proses pembelajaran guna mendukung ataumemotivasi kegiatan yang dilakukan siswa-siswi disekolah
|
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2020-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/900
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 1 (2020): Maret; 67-92
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 1 (2020): Maret; 67-92 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/900/818
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
|
|