Record Details

HUBUNGAN KONDISI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS AL-AZHAR MUKTISARI KALIWATES KABUPATEN JEMBER

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title HUBUNGAN KONDISI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS AL-AZHAR MUKTISARI KALIWATES KABUPATEN JEMBER
 
Creator Kurnaini
 
Description Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan kondisikelas dengan motivasi belajar siswa, dengan fokus pada masalah: 1.Bagaimanakah hubungan kondisi kelas dengan motivasi belajar siswa. 2.Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas dengan motivasi intrinsikbelajar siswa. 3. Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas denganmotivasi ekstrinsik belajar siswa. 4. Bagaimanakah hubungan kondisi nonfisik kelas dengan motivasi intrinsik belajar siswa. 5. Bagaimanakahhubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi ekstrinsik belajar siswa.Dengan menggunakan tehnik analisa data kuantitatif Yule’s Q, makadiperoleh hasil sebagai berikut : Pertama, Terdapat hubungan kondisi kelasdengan motivasi belajar siswa. Kedua, Terdapat hubungan kondisi fisikkelas dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa. Ketiga.Terdapat hubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi intrinsik danekstrinsik belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1.Siswa-siswi hendaknya menjaga dan memelihara kelas dan lingkungansekolahnya dengan baik karena secara signifikan kondisi kelas yang bersihada pengaruhnya dengan motivasi belajar siswa. 2. Sebagai masyarakatsekolah, seorang siswa atau siswi hendaknya lebih disiplin lagi dalammematuhi peratuhan disekolah seperti tidak membuang sampahsembarangan, mencorat-coret dinding sekolah, dan lainnya. 3. Motivasijuga sangat perlu ditanamkan dalam jiwa sianak sebab dengan motivasi,akan dapat merubah jati diri dan kepribadian anak. 4. Pihak sekolah jugaharus memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh siswa-siswiuntuk mempermudah proses pembelajaran guna mendukung ataumemotivasi kegiatan yang dilakukan siswa-siswi disekolah
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2020-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/900
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 1 (2020): Maret; 67-92
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 1 (2020): Maret; 67-92
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/900/818
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar