Record Details

UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH SISWA: Studi Dekskripsi di SMA Satya Dharma Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH SISWA: Studi Dekskripsi di SMA Satya Dharma Kecamatan Balung Kabupaten Jember
 
Creator Indra
 
Description Guru adalah salah satu di antara faktor pendidikan yangmemiliki peranan yang paling srategis, sebab gurulah sebetulnya pemainyang paling menentukan di dalam terjadinya proses belajarmengajar.Dalam proses belajar mengajar, guru mempuyai tugas untukmendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untukmencapai tujuan. Guru mempuyai tanggung jawab untuk melihat segalaseseatuyang terjadi dalam kelas untuk membantu perkembangan siswa.Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dariberbagai kegiatan dalam belajar sebagai salah satu proses yang dinamisdalam segala fase dan proses perkembangan siswa. Fokus penelitian inimengangkat masalah umum yaitu upaya guru PAI dalam menanamkankebisaaan shalat dhuhur berjamaah siswa. Fokus masalah: 1) Bagaimanaupaya guru PAI dalam perencanaan menanamkan kebiasaan shalat dhuhurberjamaah siswa 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam pelaksanaanmenanamkan kebiasaan shalat dhuhur berjamaah siswa 3) Bagaimanaupaya guru PAI dalam evaluasi kebiasaan shalat dhuhur berjamaah.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, Adapun jenisnya deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview,dokumentasi . Teknik analisa datanya menggunakan reduksi data,penyajian data dan verifikasi data. Teknik penentuan informanmenggunakan purposive, keabsahan data menggunakan triangulasisumber. Hasil penelitian menunjukan, bahwa secara umum upaya guruPAI dalam menanamkan kebiasaan shalat dhuhur berjamaah siswaberjalan dengan baik, baik dalam perencanaan di buktikan adanyapembekalan terhadap siswa tentang tata cara shalat yang benar di dalamkelas, di dalam pelaksanaan di buktikan dengan adanya jadwal shalatberjamaah terorganisir, di dalam evaluasi di buktikan adanya evaluasirutin yang di lakukan dewan guru setiap kali di adakan rapat. Maka dapatdi simpulkan bahwa upaya guru PAI dalam menanamkan kebiasaan shalatdhuhur berjamaah berjalan dengan baik
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2020-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/899
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 5 No. 1 (2020): Maret; 45-66
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 5 No 1 (2020): Maret; 45-66
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/899/817
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar