Record Details

PENGGUNAAN METODE HUKUMAN DAN GANJARAN UNTUK MENINGKATKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL ULUM SERUT 05 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGGUNAAN METODE HUKUMAN DAN GANJARAN UNTUK MENINGKATKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL ULUM SERUT 05 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Creator ulfa, maria
 
Description Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimanakah Penggunaan Metode Hukuman dan Ganjaran untuk MeningkatkanMotivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum, dimana pembahasannya meliputi tinjauan teoritis tentang pengertian metode Hukuman dan Ganjaran dan tinjauan teoritis tentang Motivasi belajar. Penggunaan metode hukuman dan ganjaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum. Untuk mendeskripsikan hal itu peneliti atau penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, informannya ialah kepala sekolah, tata usaha, guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Serta analisis datanya menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di kemukakan bahwa penggunaan metode dalam pembelajaran serta persiapan yang baik merupakan jaminan untuk mendapatkan atau memperoleh hasil yang baik karena metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien. Sehingga penggunaan metode hukuman dan ganjaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang di terapkan oleh guru terdapat hasil yang cukup bagus dari sebelum menggunakan metode hukuman dan ganjaran, yaitu melalui proses belajar mengajarnya seperti melakukan persiapan-persiapan sebelum menyampaikan bahan ajar kepada siswa baik dari segi pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa maupun mencari refrensi atau bahan ajar yang lain untuk menambah ilmu atau pengetahuan yang dimilikinya dan dengan adanya kerjasama dengan anak didik dan para guru dalam proses pembelajaran di kelas beserta respon positif dari wali murid, sehingga guru mampu menggunakan dan mengembangkan metode hukuman dan ganjaransebagai alternatif untuk menyampaikan bahan atau materi pelajaran yang sama sesuai dengan kondisi siswa, KBM dan target yang ingin di capai.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2016-09-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/892
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 1 No. 2 (2016): September; 107-146
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 1 No 2 (2016): September; 107-146
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/892/812
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar