PENGGUNAAN METODE HUKUMAN DAN GANJARAN UNTUK MENINGKATKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL ULUM SERUT 05 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGGUNAAN METODE HUKUMAN DAN GANJARAN UNTUK MENINGKATKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL ULUM SERUT 05 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
|
|
Creator |
ulfa, maria
|
|
Description |
Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimanakah Penggunaan Metode Hukuman dan Ganjaran untuk MeningkatkanMotivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum, dimana pembahasannya meliputi tinjauan teoritis tentang pengertian metode Hukuman dan Ganjaran dan tinjauan teoritis tentang Motivasi belajar. Penggunaan metode hukuman dan ganjaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum. Untuk mendeskripsikan hal itu peneliti atau penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, informannya ialah kepala sekolah, tata usaha, guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Serta analisis datanya menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di kemukakan bahwa penggunaan metode dalam pembelajaran serta persiapan yang baik merupakan jaminan untuk mendapatkan atau memperoleh hasil yang baik karena metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien. Sehingga penggunaan metode hukuman dan ganjaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang di terapkan oleh guru terdapat hasil yang cukup bagus dari sebelum menggunakan metode hukuman dan ganjaran, yaitu melalui proses belajar mengajarnya seperti melakukan persiapan-persiapan sebelum menyampaikan bahan ajar kepada siswa baik dari segi pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa maupun mencari refrensi atau bahan ajar yang lain untuk menambah ilmu atau pengetahuan yang dimilikinya dan dengan adanya kerjasama dengan anak didik dan para guru dalam proses pembelajaran di kelas beserta respon positif dari wali murid, sehingga guru mampu menggunakan dan mengembangkan metode hukuman dan ganjaransebagai alternatif untuk menyampaikan bahan atau materi pelajaran yang sama sesuai dengan kondisi siswa, KBM dan target yang ingin di capai.
|
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2016-09-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/892
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 1 No. 2 (2016): September; 107-146
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 1 No 2 (2016): September; 107-146 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/892/812
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
|
|