Record Details

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSSING PROBLEM BERKELOMPOK DAN METODE CERAMAH

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSSING PROBLEM BERKELOMPOK DAN METODE CERAMAH
 
Creator Prima Cristi
 
Description Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan metode ceramah. Kemudian juga untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi. Pokok bahasan yang diambil dalam penelitian ini adalah Sistem Persamaan Linier. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tempurejo. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dan E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Jenis dari penelitian ini adalah komparatif, dimanamembandingkan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dengan kelas control. Desai yang digunakan adalah True Eksperimen Desain. Metode pengumpulan data menggunakan tes, hasilyang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan. Kemudian dilanjutkan mencari hasil belajar yang lebih tinggi melalui hasil gain. Perhitungan dalam penelitian ini dilakukan dengan Uji-tadapun hasinya adalah t-hitung adalah 1.877 dan t-tabel adalah 1.671 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar denga Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah. Dan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok menunjukan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2017-03-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/890
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 2 No. 1 (2017): Maret; 23-33
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 2 No 1 (2017): Maret; 23-33
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/890/810
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar