Record Details

PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI MTs. ANNIDHOM GLADAK PAKEM KECAMATAN SUMBERSARI JEMBER

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI MTs. ANNIDHOM GLADAK PAKEM KECAMATAN SUMBERSARI JEMBER
 
Creator Ais Lara
 
Description Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran gurudalam upaya meningkatkan pembiasaan shalat Dhuha, dengan fokuspada masalah: (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalamupaya meningkatkan pembiasaan shalat Dhuha; (2) Bagaimanaprogram kegiatan shalat Dhuha dalam upaya meningkatkanpembiasaan shalat Dhuha; (3) Bagaimana pelaksanaan kegiatan shalatDhuha dalam upaya meningkatkan pembiasaan shalat Dhuha. Jenispenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifkualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari datadeskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka.Sumber data sekaligus informan adalah kepala Madrasah Tsanawiyah(MTs.) Annidhom, dewan guru, serta pihak-pihak yang terkait dalampenelitian ini bila diperlukan. Dalam pengumpulan data, penelitimenggunakan beberapa tekhnik yakni dengan melalui observasi,interview serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis datapeneliti menggunakan tekhnik analisis data deskriptif kualitatif. Darihasil penelitian ini dapat diketahui bahwa peran guru dalam upayameningkatkan pembiasaan shalat Dhuha di MTs. Annidhom GladakPakem Sumbersari belum berjalan dengan efektif disebabkan masihadanya siswa yang melanggar untuk tidak mengikuti kegiatan shalatDhuha. Dalam hal ini disarankan agar guru lebih perhatian dan lebihmemperketat peraturan lagi terhadap siswa-siswinya.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2019-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/888
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 4 No. 2 (2019): September; 58-83
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 4 No 2 (2019): September; 58-83
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/888/808
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar