Record Details

ARGUMENTASI PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI I RAMBIPUJI

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ARGUMENTASI PADA TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI I RAMBIPUJI
 
Creator Febriyanti, Beby Dwi
 
Description Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan argumentasi dalam teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks pidato, sedangkan data penelitian yang digunakan berupa kalimat atau susunan kalimat yang mengandung muatan argumentatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan, (1) reduksi data, (2) menyajikan dan memaparkan keseluruhan data, (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, tentang penggunaan elemen argumentasi pada teks pidato siswa yang mencakup (a) claim, claim nilai/claim fakta/claim kebijakan, (b) ground, (c) warrant, (d) backing, (e) qualifier, dan (f) rebuttal. Keenam elemen tersebut ditemukan pada teks pidato siswa. Kedua, tentang pola argumentasi teks pidato siswa yang diketahui membentuk pola I (C-G) hingga pola IV (C-G-W-B-Q). Pola I mengalami variasi dengan penambahan elemen qualifier dan rebuttal. Pola II terdiri dari (C-G-W) juga mengalami variasi dengan adanya elemen qualifier dan rebuttal. Pola III terdiri dari (C-G-W-B), hanya mengalami satu variasi dengan adanya elemen rebuttal. Pola IV pada teks pidato siswa terdiri dari (CG-W-B-Q) tidak mengalami adanya variasi. Ketiga mengenai teknik penalaran pengembangan argumentasi yang terdiri atas (1) argumen dengan contoh, (2) argumen dengan analogi, (3) argumen dengan otoritas, (4) argumen dengan sebab, (5) argumen dengan deduktif.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2013-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/886
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 2 No. 1 (2017): Maret; 1-22
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 2 No 1 (2017): Maret; 1-22
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/886/807
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar