Record Details

PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH TERHADAP ANAK DI DUSUN BREGOH JEMBER

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH TERHADAP ANAK DI DUSUN BREGOH JEMBER
 
Creator Mahmudin
 
Description Melihat fenomena yang ada sekarang, banyak yang ditemukanbibit-bibit faham-faham radikalisme khusunya pada remaja yangbertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam, seperti terorisme, fahamkhilafah. Dalam mengantisipasi agar anak-anak tidak terpengaruh dalamarus radikal, radikal ialahorang Islam yang mempunyai pikiran yang kakudan sempit dalam memahami Islam, serta bersifat eksklusif dalammemandang agama-agama lainnya. Maslah penelitian ini adalahbagaimana peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai aswaja annahdliyah terhadap anak di dusun bregoh? Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan(field risearch). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi (a) keluargaterlebih dahulu memberikan contoh rutinitas dalam kehidupan sehari-hari,kemudian lingkungan society si anak kemudian sosial masyarakat (b)diberikan wawasan melalui kitab-kitab kuning seperti risalah aswaja danfatqul qorib pendidikan tasamuh ditekan pada sikap dan karakter anak (c)dimulai dari pendidikan orang tua kemudian ustad-ustad ditekankan padaaqidah anak yaitu aqidah ahlussunah waljamaah annahdliyah.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2019-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/880
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 4 No. 1 (2019): Maret; 96-112
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 4 No 1 (2019): Maret; 96-112
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/880/799
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar