Record Details

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKTUAL TERHADAP MUTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI MI BAITUL RIDLO UMBULSARI JEMBER

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKTUAL TERHADAP MUTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI MI BAITUL RIDLO UMBULSARI JEMBER
 
Creator Astikkuswati
 
Description Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kontektual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di bidang al qur’an hadits, dengan fokus pada masalah adakah pengaruh antara penerapan pembelajaran kontektual terhadap motivasidan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan tehnik analisa data kwantitatif Chi kwadrat baik menggunakan satu arah maupun dua arah terhadap hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama. Terdapat pengaruh motivasi belajar alqur’an hadits terhadap siswa dengan menggunakan pembelajaran kontektual Kedua. Terdapat pengaruh hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi yang rendah.Ketiga. Terdapat interaksi penerapan pembelajaran kontektual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1. Perluanya penguasaan ilmu yang mendalam khususnya bidang alqur’an hadits, sehingga tamatan dari Madrasah tidak diragukan lagi keabsahannya.2. Penerapan metode kontektual memang sudah saatnya untuk diterapkan dan selalu diperhatikan karena secara signifikan dapat diketahui dampak pengaruhnya bagi kemampuan kognitif dan life skill anak dalam kehidupannya. 3. Motivasi juga sangat perluditanamkan dalam jiwa sianak sebab dengan motivasi, akan dapat merubah jati diri dan kepribadian anak.4.Setelah memperoleh berbagaiilmu dan pengalaman maka selanjutnya diamalkan secara istiqomah/ kontinue agar segala yang diperoleh tidak mudah hilang dan memberikan makna yang positif bagi kita semua.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2018-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/873
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 3 No. 2 (2018); 105-123
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 3 No 2 (2018): September; 105-123
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/873/792
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar