Record Details

NILAI-NILAI HUMANIS-RELIGIUS DAN IMPLIKASINYA DALAM PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title NILAI-NILAI HUMANIS-RELIGIUS DAN IMPLIKASINYA DALAM PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM
 
Creator Jasuli
 
Description Artikel ini mengupas nilai-nilai humanisme-religius, yakni pemikiran yang bersumber dari ajaran Islam. Pemikiran ini berawal dari ikatan perjanjian primordial manusia dengan Tuhan sebagai theUltimate Reality. Orientasi ketuhanan (ilahiyah) sebagai jiwa dalam tiap individu manusia (teoantroposentrisme). Unsur teoantrosentrisme inimenjadikan manusia sebagai khalifah Allah. Pemikiran humanisme ini bertolak dari ajaran tauhid yang berupa nilai: kebebasan (liberty), persudaraan (fraternity), dan persamaan (equality). Dalam perspektif ini, pendidikan Islam ditujukan untuk membantu peserta didik mengaktualisasikan potensinya supaya menjadi manusia kreatif yangsadar akan kehadiran Allah dalam dirinya. Pendidikan ini berupaya mengantarkan peserta didik menjadi manusia Rabbani.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2018-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/869
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 3 No. 2 (2018); 38-56
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 3 No 2 (2018): September; 38-56
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/869/789
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar