Record Details

PENGARUH POSSING PROBLEM BERKELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH POSSING PROBLEM BERKELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
 
Creator Prima Cristi
 
Description Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mewarnai dunia pendidikan.Kesalahan menggunakan model dan metode belajar menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan.Perlu adanya model pembelajaran yang baru selain model pembelajaran konvensional yaitu Model Pembelajaran Possing Problemberkelompok. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran PossingProblem Berkelompok dengan metode ceramah. Kemudian juga untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi. Pokok bahasan diambil dalam penelitian ini adalah Sistem Persamaan Linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Penelitian ini mnggunakan eksperimental. Jenis dari penelitian ini adalah komparatif, dimana membandingkan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperien dengan kelas control. Desai yang digunakan adalah True Eksperimen Desain.Metode pengumpulan data menggunakantes, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat perbedaan. Perhitungan penelitian ini dilakukan dengan Uji-t, hasinya t-hitung 1.877,t-tabel 1.671 dengan taraf signifikansi 5%diperoleh bahwat-hitung lebih besar daripada t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah.Dan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok menunjukan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan metodeceramah.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2021-01-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/862
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 3 No. 1 (2018); 45-53
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 3 No 1 (2018): Maret; 45-53
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/862/783
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar