EDUTAINMENT MENJAWAB PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
EDUTAINMENT MENJAWAB PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
|
|
Creator |
Yanuar Dianto, Elga
|
|
Description |
Pendidikan merupakan investasi masa depan. Melalui pendidikan, peserta didik dapat mengembangkan segala potensi yangada pada dirinya. Peserta didik dapat meningkatkan wawasanpengetahuannya dari yang tidak tahu menjadi tahu. Pendidikanberupaya untuk mewadahi potensi peserta didik dan membekalipeserta didik untuk menyiapkan kehidupan di masa yang akan datang. Pendidikan erat kaitannya dengan proses pembelajaran atau kegiatan belajar. Keberadaan guru menjadi salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Tugas guru adalah membelajarkan peserta didik. Dalam membelajarkan peserta didik, guru perlu mengembangkan kompetensi dan tekniknya dalam mengajar. Seringkali guru kurang memperhatikan teknik mengajar. Banyaknya mata pelajaran yang harusdikuasai oleh guru, membuat para guru menerapkan metode ceramah dari hari ke hari sehingga peserta didik merasa jenuh, bosan, bahkan malas-malasan mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada penurunan prestasi belajar peserta didik. Sebagai seorang guru, harus pandai mengelola kelas, mengemas suatu pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan kualitasnya dalam mendidik peserta didik. Untuk itu, guru harus mengetahui hakikat belajar dan pembelajaran yang baik. Keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pemahaman guru terhadap hakikat tersebut. Selain dapat meningkatkan semangat belajar, pembelajaran yang menarik danmenyenangkan juga memicu seorang guru untuk lebih kreatif daninovatif dalam menciptakan pembelajaran yang dapat menarikperhatian siswa dalam menyampaikan materi pelajaran. Disinilahtingkat kekreativan dan keterampilan mendidik siswa akan terlihat,sehingga guru harus pandai memutar otak. Salah satu konsep yang mungkin bisa dipakai adalah dengan menggunakan konsepEdutainment. Harapannya, dengan konsep Edutaiment pendidikmampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, serta akan tercapainya pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Key Word: Edutainment, Problematika, Pembelajaran
|
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2018-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/857
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 3 No. 1 (2018); 28-44
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 3 No 1 (2018): Maret; 28-44 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/857/781
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
|
|