Record Details

PENDIDIKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENDIDIKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
 
Creator achmad
 
Description Fenomena perkembangan abad mutakhir menghendaki adanya suatu sistem pendidikan yang komprehensif. Karena perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pembinaan peserta didik yang dilaksanankan secara seimbang antara nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, kemampuan komunikasi dan kesadaran akan ekologi lingkungan. Dengan kata lain, seimbang antara iptek dan imtaq. Untuk mewujudkan kemajuan dibidang Iptek manusia perlu mengasah dan mengembangkan potensi akalnya yaitu mengasah kecerdasan intelektualnya IQ (Intelektual Quotient), sedanghkan untuk mewujudkan Imtaq ia harus mengasah potensi EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient) yang ada didalam dirinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian library research. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan study dokumentasi. Di analisis dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Keabsahan data dicapai dengan menggunakan triangulasi dan pengamatan secara tekun. Hasil Penelitian ini adalah ESQ Model adalah sebuah mekanisme sistematis untuk mengatur ketiga dimensi manusia, yaitu body, mind dan soul atau dimensi fisik, mental dan spiritual dalam satu kesatuan yang integral. Sederhananya, ESQ berbicara tentang bagaimana mengatur tiga komponen utama, yaitu Iman, Islam dan Ihsan dalam keselarasan dan kesatuan tauhid.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2016-03-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/841
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 1 No. 1 (2016): Maret; 102-124
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 1 No 1 (2016): Maret; 102-124
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/841/770
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar