PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI BUSTANUL ULUM LANGKAP BANGSALSARI JEMBER
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI BUSTANUL ULUM LANGKAP BANGSALSARI JEMBER
|
|
Creator |
Mohamad
|
|
Description |
Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu permainan gerak yang didalamnya terdapat aturan, tujuan dan sekaligus melibatkan unsur bahagia. Dalam pembelajaran ini para peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok kemudian masing–masing kelompok memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran.Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok adalah ingin mendeskripsikan penerapan model pembelajran Role Playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Permasalahan tersebut peneliti konsen meneliti dan mengkaji secara mendalam dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahmetode observasi, interview, tes dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes. Data hasil tes merupakan tes formatif pada tiap akhir siklus. Nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre tes mencapai 55,47. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai nlai rata-rata 78,83. Pada siklus II terlihat siswa lebih aktif ketika pembelajaran. Perolehan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 92,50 dan telah mencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan baik. Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sub bab masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW di MI Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember
|
|
Publisher |
PGMI-FAI- UI Jember
|
|
Date |
2017-09-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/838
|
|
Source |
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 2 No. 2 (2017); 53-77
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 2 No 2 (2017): September; 53-77 2808-3954 2502-8383 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/838/767
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
|
|