Record Details

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM RENES WIROWONGSO AJUNG JEMBER TA 2015/2016

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM RENES WIROWONGSO AJUNG JEMBER TA 2015/2016
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM RENES WIROWONGSO AJUNG JEMBER TA 2015/2016
 
Creator Hasanah, Siti Muflihatul
 
Description Strategi pembelajaran peer lessons dapat memperkuat perkembangan pembelajaran matematika dan mampu berpengaruh terhadap perubahan pada hasil belajar matematika siswa dengan baik. Rumusan Masalah adalah adakah Pengaruh Stategi Pembelajaran Peer Lessons Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun Palajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh peer lessons terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendidik siswa menjadi seorang yang percaya diri, aktif, dan tentunya mereka dapat merasakan pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga mereka termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Jenin penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember. Sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh (sensus), 32 siswa-siswi. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini antara lain: metode interview, metode observasi dan metode Dokumentasi. Analisa data menggunakan rumus Chi kwadrat dengan taraf signifikan 5% kemudian untuk mengetahui bobot hasil chi kwadrat tersebut dipergunakanlah rumus KK (koefisien kontingensi). Hasil penelitian ini bahwa terbukti variabel X dengan variabel Y terdapat pengaruh. Analisis data dan pengujian hipotesis nilai X2 empiris = 9,2. lebih besar dari X2 kritik dengan db 1 dan taraf signifikansi 5 % = 3,841 yang berarti signifikan, artinya hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak. Kemudian berdasarkan hitungan rumus KK, nilainya = 0,355 berada diantara 0,201 – 0,400 berarti ada peranan atau pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat diinterpre-tasikan bahwa semakin berkualitas penggunaan strategi pembelajaran peer lessons, maka hasil belajar matematika siswa semakin meningkat dengan baik. Guru hendaknya menguasai strategi peer lessons dalam proses pembelajaran matematika siswa, sehingga siswa aktif dan menyenangkan serta siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran matematika dengan baik. Hendaknya guru menggunakan pree-test dan post-test dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran dan ketuntasan belajar matematika siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkannya 
Strategi pembelajaran peer lessons dapat memperkuat perkembangan pembelajaran matematika dan mampu berpengaruh terhadap perubahan pada hasil belajar matematika siswa dengan baik. Rumusan Masalah adalah adakah Pengaruh Stategi Pembelajaran Peer Lessons Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun Palajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh peer lessons terhadaphasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember Tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini adalah untuk mendidik siswa menjadi seorang yang percaya diri, aktif, dan tentunya mereka dapat merasakan pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga mereka termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Jenin penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah MTs Miftahul Ulum Renes Wirowongso Ajung Jember. Sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh (sensus), 32 siswa-siswi. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini antara lain: metode interview, metode observasi dan metode Dokumentasi. Analisa data menggunakan rumus Chi kwadrat dengan taraf signifikan 5% kemudian untuk mengetahui bobot hasil chi kwadrat tersebut dipergunakanlah rumus KK (koefisien kontingensi). Hasil penelitian ini bahwa terbukti variabel X dengan variabel Y terdapat pengaruh. Analisis data dan pengujian hipotesis nilai X2 empiris = 9,2. lebih besar dari X2 kritik dengan db 1 dan taraf signifikansi 5 % = 3,841 yang berarti signifikan, artinya hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak. Kemudian berdasarkan hitungan rumus KK, nilainya = 0,355 berada diantara 0,201 – 0,400 berarti ada peranan atau pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat diinterpre-tasikan bahwa semakin berkualitas penggunaan strategi pembelajaran peer lessons, maka hasil belajar matematika siswa semakin meningkat dengan baik. Guru hendaknya menguasai strategi peer lessons dalam proses pembelajaran matematika siswa, sehingga siswa aktif dan menyenangkan serta siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran matematika dengan baik. Hendaknya guru menggunakan pree-test dan post-test dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran dan ketuntasan belajar matematika siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkannya.
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2016-09-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/819
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 1 No. 2 (2016): September; 147-173
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 1 No 2 (2016): September; 147-173
2808-3954
2502-8383
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/819/758
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar