Record Details

ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN DI NIKO BUSANA JEMBER

Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN DI NIKO BUSANA JEMBER
ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN DI NIKO BUSANA JEMBER
 
Creator Dani Umnbrana, Bastomi
 
Description Pada era globalisasi saat ini persaingan bisnis antarperusahaan sangat ketat, baik di pasar domestik maupun di pasarintemasional. Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkankeunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barangatau jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing, penyerahan lebihcepat, dan layanan yang baik kepada pelanggan. Penelitian ini merupakanmodel penelitian survei, mengambil sampel dari suatu populasi denganmenggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Unit sebagai obyekanalisis dalam penelitian ini adalah pembeli pada Nico Busana di KabJember. Dari kelima variabel bebas yaitu faktor 1 (physical aspect), faktor 2(reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor 4 (problem solving), danfaktor 5 (policy) ternyata secara parsial berpengaruh sangat signifikanterhadap faktor 6 (keputusan membeli) di Nico Busana Jember. Adapunkelima variabel bebas yang diteliti terbukti bahwa variabel bebas faktor 1(physical aspect), faktor 2 (reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor4 (problem solving), dan faktor 5 (policy) mempunyai koefisien betasebesar 0,332; 0,510; 0,106; 0,045 dan 0,215, sehingga hipotesis keduadinyatakan diterima. Kelima variabel bebas yang mempunyai pengaruhdominan terhadap keputusan membeli di Nico Busana Jember adalahfaktor 2 (reliability) yang ditunjukkan oleh koefisien beta terbesar yaitu0,510, sehingga hipotesis ketiga dinyatakan ditolak
Pada era globalisasi saat ini persaingan bisnis antar perusahaan sangat ketat, baik di pasar domestik maupun di pasarintemasional. Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing, penyerahan lebih cepat, dan layanan yang baik kepada pelanggan. Penelitian ini merupakan model penelitian survei, mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Unit sebagai obyek analisis dalam penelitian ini adalah pembeli pada Nico Busana di Kab Jember. Dari kelima variabel bebas yaitu faktor 1 (physical aspect), faktor 2 (reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor 4 (problem solving), dan faktor 5 (policy) ternyata secara parsial berpengaruh sangat signifikan terhadap faktor 6 (keputusan membeli) di Nico Busana Jember. Adapun kelima variabel bebas yang diteliti terbukti bahwa variabel bebas faktor 1 (physical aspect), faktor 2 (reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor 4 (problem solving), dan faktor 5 (policy) mempunyai koefisien beta sebesar 0,332; 0,510; 0,106; 0,045 dan 0,215, sehingga hipotesis kedua dinyatakan diterima. Kelima variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan membeli di Nico Busana Jember adalah faktor 2 (reliability) yang ditunjukkan oleh koefisien beta terbesar yaitu 0,510, sehingga hipotesis ketiga dinyatakan ditolak
 
Publisher PGMI-FAI- UI Jember
 
Date 2020-12-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/748
 
Source Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol. 4 No. 2 (2019): September; 119-152
Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar; Vol 4 No 2 (2019): September; 119-152
2808-3954
2502-8383
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/748/691
 
Rights Copyright (c) 2020 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar