Pembentukan Karakter Islami Melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an Pada Usia Anak Sekolahdi Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember
Jurnal Al-Khidmah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pembentukan Karakter Islami Melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an Pada Usia Anak Sekolahdi Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember
|
|
Creator |
Maisyaroh, Dewi
Bukhori, Imam |
|
Description |
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Tawwabin merupakan lembaga non formal yang menyelenggarakan program Al-Qur’an dalam upaya pembentukan karakter Islami di Dusun Curah Suko Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Masalah Mitra adalah adanya beberapa program pembelajaranIslami yang kurang. Tujuan pengabdian iniuntuk menanamkan karakter Islami pada anak usia sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengabdian ini terlaksananya program pengajaran bacaan Al-Qur’an secara detail dan mendalam, penghafalan surat-surat di juz Amma dan beberapa surat pilihan (Yaasin dan Al-Waqi’ah),dan menceritakan kisah-kisah Rosulullah. Hambatan saat pelaksanaan program yakni tidak tersedianya kurikulum pembelajaran dan kurangnya dukungan dari orang tua. Cara mengatasi hambatan tersebut dengan cara adanya pembuatan kurikulum, juga kesiapan dari ustadz atau pembimbingnya. Kata kunci: Karakter Islami, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Usia Sekolah |
|
Publisher |
Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Islamic University of Jember
|
|
Date |
2022-03-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/JAK/article/view/1117
10.1234/jak.v1i1.1117 |
|
Source |
Jurnal Al-Khidmah; Vol. 1 No. 1 (2021): OKTOBER; 1-6
2808-7011 2808-6996 10.1234/jak.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/JAK/article/view/1117/977
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Al-Khidmah
|
|