Record Details

Penerapan Strategi Belajar Concept Mapping dengan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 16 Palembang

CENDEKIA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Strategi Belajar Concept Mapping dengan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 16 Palembang
 
Creator Anggun Purnamasari
Amir Salim
 
Subject concept mapping
metode diskusi
 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi, bahwa strategi merupakan hal penting yang perlu ditentukan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Dalam penelitian ini menggunakan strategi belajar concept mapping dengan metode diskusi, dimana cari ini dapat mempermudah pemahaman siswa dan dapat saling berinteraksi dalam proses belajar mengajar. Variabel dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi concept mapping dengan metode diskusi berupa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VII. 2 SMP Negeri 16 Palembang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. 2 yang berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes diperoleh hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi belajar concept mapping dengan metode diskusi pada mata pelajaran Fisika dikategorikan sangat baik. Hasil ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 87,71. Adapun hasil rata-rata observasi aktivitas siswa memperoleh persentasi sebesar 80,53%. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar concept mapping dengan metode diskusi dapat diterapkan pada mata pelajaran Fisika.
 
Publisher PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH SIMAN LAMONGAN
 
Date 2021-10-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/209
10.37850/cendekia.v13i02.209
 
Source CENDEKIA; Vol. 13 No. 02 (2021): Cendekia October 2021; 144-153
2685-046X
2086-0641
10.37850/cendekia.v13i02
 
Language eng
 
Relation http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/209/378
 
Rights Copyright (c) 2021 CENDEKIA