Record Details

Makna Feminin dalam Iklan Shampo Pantene Gold Series

JURNAL PARADIGMA MADANI

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Makna Feminin dalam Iklan Shampo Pantene Gold Series
 
Creator Eko Saputro, Deviq
Supriatno, Djoko
 
Description Perempuan merupakan sosok yang berpengaruh dalam dunia periklanan, keterlibatan perempuan dalam dunia iklan didasari atas dua faktor, yaitu yang pertama perempuan adalah pasar besar dalam industri periklanan, kedua perempuan dipercaya mampu menguatkan pesan dalam iklan. Salah satu produk yang melibatkan perempuan dalam iklan yaitu produk shampo pantene gold series, Dalam iklan tersebut banyak banyak menggambarkan sisi feminin dalam diri perempuan seperti halnya senyuman, tubuh yang seksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna feminin dalam iklan shampo pantene gold series. Bahan dari penelitian ini berupa iklan shampo pantene gold series. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes yang mengkaji makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil dari penelitian ini ada 3 hal mengenai makna feminin dalam iklan. 1) makna feminin tentang keanggunan 2) makna feminin tentang kecantikan 3) makna feminin tentang keseksian.
 
Kata Kunci : Makna, Feminin, Iklan, Semiotika.
 
Publisher Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember
 
Date 2022-03-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/PAR/article/view/1030
10.1234/jpm.v8i1.1030
 
Source JURNAL PARADIGMA MADANI; Vol. 8 No. 1 (2021): Juni; 14-30
2798-3137
1907-7106
10.1234/jpm.v8i1
 
Rights Copyright (c) 2021 JURNAL PARADIGMA MADANI