Record Details

Paradigma Pendidikan Islam yang Memberdayakan

CENDEKIA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Paradigma Pendidikan Islam yang Memberdayakan
 
Creator Saifuddin
 
Description Paradigma lama pendidikan Islam yang telah terbangun sejak abad pertengahan, dengan mengkaji dan mempelajari teks-teks keagamaan dengan metode hafalan, bersifat mekanis, mengutamakan pengkayaan materi, sudah harus ditinggalkan untuk menuju paradigma baru pendidikan. Saat ini Pendidikan  Islam  harus  berorientasi  kepada  pembangunan dan  pembaruan, pengembangan kreativitas, intelektualitas, keterampilan, kecakapan penalaran yang dilandasai dengan “keluhuran moral” dan “kepribadian”, sehingga pendidikan Islam akan mampu mempertahankan relevansinya di tengah-tengah laju pembangunan. Paradigma baru pendidikan Islam harus diorientasikan kepada pembangunan, pembaruan, pengembangan kreativitas,   intelektualisme, keterampilan, kecakapan, penalaran, inovatif, mandiri, disiplin dan taat hukum, terbuka dalam masyarakat plural, dan mampu menghadapi serta menyelesaikan persoalan pada era globalisasi dengan dilandasi   keanggunan moral   dan  akhlak   dalam    usaha  membangun manusia dan masyarakat yang berkualitas bagi kehidupan.
 
Publisher PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH SIMAN LAMONGAN
 
Date 2018-03-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/62
10.37850/cendekia.v10i01.62
 
Source CENDEKIA; Vol. 10 No. 01 (2018): Cendekia March 2018; 41-52
2685-046X
2086-0641
10.37850/cendekia.v10i01
 
Language eng
 
Relation http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/62/171
 
Rights Copyright (c) 2018 JURNAL CENDEKIA