Pendekatan Humanis dalam Pembelajaran Fikih
CENDEKIA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendekatan Humanis dalam Pembelajaran Fikih
|
|
Creator |
Hasyim
|
|
Description |
Proses pembelajaran fiqih selama ini lebih terkesan menakut-nakuti peserta didik. Sehingga, cenderung berjalan monoton, indoktrinatif, teacher-centered, top-down, sentralistis, mekanis, verbalis, kognitif. Jika dalam proses pendidikan dan pembelajarannya, fiqh diajarkan sebagai sesuatu yang doktriner dan eksklusif, maka output-nya akan cenderung bersikap kaku dan eksklusif pula. Sebaliknya, jika fiqh diajarkan sebagai sesuatu yang terbuka dan dengan menonjolkan sisi-sisi akhlaq, maka hasilnya adalah manusia-manusia yang terbuka dan bisa memahami bagaimana melakukan hubungan dengan orang lain dengan segala keunikan dan keberbedaannya. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan model pembelajaran yang menekankan humanitas dan keberagamaan. Diantaranya adalah pembelajaran fiqih tidak harus bersifat linier, namun menggunakan pendekatan muqaron, serta mengembangkan system yang harus dilakukan oleh manusia, dalam rangka berproses penyempurnaan diri pribadinya, yaitu hubungan manuisa dengan Tuhan (aspek keberagamaan) dan hubungan manusia dengan sesamanya (aspek kebersamaan) sekaligus.
|
|
Publisher |
PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH SIMAN LAMONGAN
|
|
Date |
2018-03-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/61
10.37850/cendekia.v10i01.61 |
|
Source |
CENDEKIA; Vol. 10 No. 01 (2018): Cendekia March 2018; 29-40
2685-046X 2086-0641 10.37850/cendekia.v10i01 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/61/169
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 JURNAL CENDEKIA
|
|