Record Details

Pendekatan Humanis dalam Pembelajaran Fikih

CENDEKIA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendekatan Humanis dalam Pembelajaran Fikih
 
Creator Hasyim
 
Description Proses pembelajaran fiqih selama ini lebih terkesan menakut-nakuti peserta didik. Sehingga, cenderung berjalan monoton, indoktrinatif, teacher-centered, top-down, sentralistis, mekanis, verbalis, kognitif. Jika dalam proses pendidikan dan pembelajarannya, fiqh diajarkan sebagai sesuatu yang doktriner dan eksklusif, maka output-nya akan cenderung bersikap kaku dan eksklusif pula. Sebaliknya, jika fiqh diajarkan sebagai sesuatu yang terbuka dan dengan menonjolkan sisi-sisi akhlaq, maka hasilnya adalah manusia-manusia yang terbuka dan bisa memahami bagaimana melakukan hubungan dengan orang lain dengan segala keunikan dan keberbedaannya. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan model pembelajaran yang menekankan humanitas dan keberagamaan. Diantaranya adalah pembelajaran fiqih tidak harus bersifat linier, namun menggunakan pendekatan muqaron, serta mengembangkan system yang harus dilakukan oleh manusia, dalam rangka berproses penyempurnaan diri pribadinya, yaitu hubungan manuisa dengan Tuhan (aspek keberagamaan) dan hubungan manusia dengan sesamanya (aspek kebersamaan) sekaligus.
 
Publisher PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH SIMAN LAMONGAN
 
Date 2018-03-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/61
10.37850/cendekia.v10i01.61
 
Source CENDEKIA; Vol. 10 No. 01 (2018): Cendekia March 2018; 29-40
2685-046X
2086-0641
10.37850/cendekia.v10i01
 
Language eng
 
Relation http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/61/169
 
Rights Copyright (c) 2018 JURNAL CENDEKIA